Sabtu, BPN Jaksel Tetap Buka

Minggu, 27 April 2014 – 15:58 WIB
Hari Sabtu, BPN Jaksel Tetap Buka dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Getty Images

jpnn.com - Ratna Dewi (55) yang mengaku senang ketika datang ke kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Selatan. Rasa senang itu bercampur kaget karena tak seperti biasanya dia bisa mendapatkan pelayanan di hari Sabtu.

"Temen saya bilang katanya ada pelayanan Sabtu cepat. Awalnya saya nggak percaya, apalagi sama slogan yang ditawarkan Sabtu Cepat. Ternyata pas datang benar ya. Saya ingin urus sertifikat jadinya cepat," ujar Ratna di Kantor BPN Jaksel, Sabtu (27/4).

BACA JUGA: Jasad PNS Polda Metro di Tol Jatiwarna Terlihat Janggal

Rupanya, pelayanan ini merupakan program baru dari BPN Jaksel yang dikhususkan bagi mereka tak bisa mengurus sertifikat tanah di hari kerja. Pelayanan ini disebut program pesat atau kerap disebut Pelayanan Sabtu Cepat yang digagas oleh kantor Badan Pertanahan Negara (BPN) Jakarta Selatan.

Menurut Ratna, pelayanan di hari Sabtu seperti ini sangat ditunggu oleh puluhan warga Jakarta Selatan. Kesibukan bekerja di hari biasa menurutnya menjadi penyebab utama mengapa banyak warga yang tidak mengurus kepemilikan tanahnya.

BACA JUGA: Mayat PNS di JORR Jatiwarna Bernama Natalia Pian Gultom

Ratna mendatangi kantor BPN Jaksel untuk mengurus Hak Guna Bangunan (HGB) miliknya yang berada di Pondok pinang, Jakarta Selatan. Tiba di depan loket pukul 09.30 WIB, Ratna yang ditemani suaminya langsung mendapatkan HGB miliknya pada pukul 11.00 WIB.

"Ini pengurusan HGB tercepat yang pernah saya terima. Hanya 1,5 jam. Ini sangat membantu kami," ungkapnya.

BACA JUGA: Senyawa Jokowi-Ahok Hasilkan Tipu Daya Baru

Ratna berharap pelayanan serupa dapat terus dirasakan masyarakat ke depannya. Tidak hanya sebatas Pelayanan Pengecekan Sertifikat, Peningkatan Hak (RS/RSS), Roya, Pencatatan Blokir, Surat Keterangan Pendaftaran Tanah saja yang diutamakan BPN Jaksel ini. Melainkan juga meningkatkan pelayanan permohonan hak atas sertifikat tanah.

"Masyarakat yang mengajukan permohonan hak atas sertifikat tanah juga dilayani dan ditingkatkan serta diperbanyak pelayanannya," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah BPN Propinsi DKI Jakarta, Djamaluddin, yang didampingi  Kepala Kantor BPN Jaksel, Gembong Joko Wuryanto memantau langsung pembukaan hari pertama Pelayanan Sabtu Cepat Badan Pertanahan Negara (BPN) Jakarta Selatan

"Pelayanan ini memang dibuat untuk membantu masyarakat yang tidak sempat hadir di hari kerja dan dihari sabtu mereka bisa datang. Semoga masyarakat bisa memanfaatkan pelayanan ini dengan maksimal," tegas Kakanwil BPN DKI Jakarta, Djamaluddin.

Menurut Djamal, pelayanan serupa akan terus ditingkatkan diwilayah lain ibukota. Dalam waktu dekat BPN Jakarta Pusat, BPN Jakarta Timur dan BPN Jakarta Utara juga akan memiliki fasilitas yang sama.

Dia berharap masyarakat juga turut berpartisipasi menyukseskan program tersebut. Bila ada oknum pegawai BPN yang bertindak curang agar segera dilaporkan. Djamal mengancam akan memecat langsung petugas yang diketahui melakukan tindak pemerasan kepada warga.

"Yang mendapatkan punishment itu sudah banyak ya kalau berbuat curang. Sudah ada yang dipecat juga. Proses pemecatan dan penurunan pangkat kan dirapatkan dari pusat, ada proses," imbaunya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Kantor BPN Jaksel, Gembong Joko Wuryanto. Menurutnya pelayanan ini memang disediakan secara khusus untuk mempermudah warga Jaksel mengurus sertifikat tanah. Dia berjanji pelayanan yang prima akan diberikan oleh petugas yang berjaga dari pukul 08.00-12.00 WIB.

"Petugas akan siap membantu masyarakat. Ini adalah bagian dari tugas pelayanan kami. Selama ini masyarakat ragu mengurus sertifikat tanahnya karena dikira ruwet. Sekarang kami buktikan hal tersebut tidak akan terjadi lagi," tegas Gembong. (awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kebakaran Pasar Senen Diduga Berawal Dari Kios Pakaian Bekas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler