Sakit, Empat Jemaah Haji Masih di Mekah

Kamis, 31 Maret 2011 – 03:45 WIB

JAKARTA – Empat jemaah Indonesia yang menunaikan ibadah haji musim lalu masih berada di tanah suciMereka dirawat di rumah sakit Arab Suadi

BACA JUGA: Krisis Nuklir Jepang Makin Parah

Rencananya, April 2011 ini tiga jemaah akan dipulangkan ke tanah air
Tiga jemaah itu berasal dari Palembang, Surabaya, dan Solo.

“Ada tiga jemaah yang rencananya dipulangkan April ini

BACA JUGA: Antipenguasa Beraksi, PM Syria Mundur

Alhamdulillah, mereka sudah sehat
Sebelumnya mereka dirawat di rumah sakit Arab Saudi sejak musim haji tahun lalu (November 2010, red)

BACA JUGA: Spider Man Taklukkan Gedung Tertinggi Dunia

Seorang lagi jemaah yang dirawat saya lupa dari mana, besok kita lihat datanya ya,” kata Direktur Pelayanan Haji Kemenag, Zaenal Abidin Supi, Rabu (30/3) malam.

Dia mengatakan, jemaah-jemaah itu masih harus dirawat di rumah sakit di tanah suci walau musim haji 2010 sudah selesai karena rekomendasi dokter haji“Mereka sakit apa, saya juga gak terlalu tahuDokter haji meminta mereka tetap dirawat sebelum dipulangkanTapi saat ini mereka sudah sembuh dan segera dipulangkan ke tanah air,” ujarnya menegaskan.

Sementara, terkait biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) 2011 ini, Supi memperkirakan, BPIH sedikit mengalami kenaikanHal itu terkait ongkos penerbangan yang diperkirakan naik karena terpengaruh harga minyak dunia yang tembus US$ 100 per barel.

“Bila berkaca dengan harga minyak dunia yang saat ini hampir US$ 100 per barel, kemungkinan biaya haji juga naikKan terpengaruh oleh ongkos penerbangan,” kata Supi.

Hanya saja, lanjutnya, bila harga minyak dunia turun saat musim haji mendatang, berarti biaya ibadah ke tanah suci 2011 ini otomatis mengalami penurunan“Dua faktor utama yang menyebabkan biaya haji bisa naik atau turunPertama, biaya penerbangan, kedua biaya sewa pemondokan,” ujarnya.

Untuk mengetahui persis berapa besaran biaya itu, lanjut Supi, pada April ini akan dibahas oleh Kementerian Agama bersama Komisi Agama DPR RI“Kami masih menggodok perkiraan besaran biaya haji untuk musim iniInsyaallah, bulan April sudah dapat jadwal ketemu dengan Komisi VIII (Komisi Agama),” katanya.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Slamet Riyanto mengatakan ongkos naik haji diperkirakan tidak jauh berbeda dengan musim laluKalaupun terjadi kenaikan, angkanya tidak terlalu besarMusim lalu ongkos naik haji sekitar Rp31 juta per jemaah“Mudah-mudahan sama seperti musim laluSesuai harapan jemaah, kami masih berupaya menekan harga ini,” ujar Slamet.(gus/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... SBY Serukan Adanya Gencatan Senjata di Libya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler