Sambut Atlet Paralimpiade, Tagar #MenporaSambutPahlawan Trending Topik

Selasa, 07 September 2021 – 14:19 WIB
Kedatangan kontingen tim nasional Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020 disambut Menpora Zainudin Amali di VIP Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, Jakarta, Selasa (7/9) dini hari. Foto: kemenpora.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Kontingen tim nasional Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020 telah kembali ke tanah air. Kedatangan pahlawan-pahlawan olahraga tersebut disambut langsung Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di VIP Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Selasa (7/9) dini hari.

Rombongan kloter terakhir kontingen Indonesia ini dipimpin langsung oleh Chef de Mission Andi Herman dan Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun.

BACA JUGA: Pelaku Pembunuhan Ditangkap, Tersangka 5 Orang

Sementara itu terdapat 14 atlet dari sejumlah cabang olahraga di antaranya peraih medali emas Leani Ratri Oktila, Khalimatus Sadiyah dan Hary Susanto.

Kepulangan atlet Paralimpiade Tokyo yang dijemput langsung Menpora Amali ini mendapat sorotan dari masyarakat, terutama warga internet (warganet) di media sosial.

BACA JUGA: Brigjen Wisnu Handoko Dapat Laporan dari Intelijen, Gerak Cepat, Hasilnya Luar Biasa

Para warganet mengaku bangga dengan torehan prestasi kontingen nasional yang berhasil memperoleh sembilan medali, yakni dua emas, tiga perak, dan empat perunggu.

Bahkan, para warganet meramaikan tagar #MenporaSambutPahlawan di lini masa Twitter. #MenporaSambutPahlawan mendapat cuitan ribuan kali dari warganet dan menduduki trending topik di Indonesia.

BACA JUGA: Polisi Gerebek Hotel, Ehh, Ada Pasangan yang Lagi Berbuat Asusila

"Keren banget ya mereka bisa mendapatkan sembilan Medali di ajang Paralimpiade ini. salut banget sama kalian dehh. Bener bener mengharumkan tanah air. #MenporaSambutPahlawan," tulis @agnezkok.

Hal senada juga dituliskan akun @buahdengkak yang menulis bahwa hasil Paralimpiade Tokyo 2020 sangat memuaskan untuk bangsa dan negara.

“Pencapaian 2 emas, 3 perak, dan 4 perunggu di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 ini benar-benar merupakan hasil yang memuaskan untuk negara kita, bener bener mengharumkan tanah air #MenporaSambutPahlawan,” katanya.

Di samping itu, sejumlah warganet lainnya memuji upaya-upaya Menpora Amali dalam memajukan olahraga di tanah air dan tidak membedakan antara atlet difable dan non difable sehingga memicu meraka untuk terus berprestasi.

“Jadi sesuai pesan pak Menpora Buktikan yang terbaik karena olahraga tidak ada perbedaan #MenporaSambutPahlawan,” tulis Tisnasany.

Akun @Dayungputri1 mengucapkan terimakasih kepada Menpora Amali karena telah menyambut kedatangan para pahlawan olahraga nasional itu.

“Terimakasih juga untuk Menpora yang telah mewakili kami semua dengan menyambut kedatangan para pahlawan olahraga kita ini. Bener-bener mengharumkan tanah air #MenporaSambutPahlawan,”katanya.

“Wah keren banget deh ya pulang dengan 9 medali Telapak tangan menyatu buat ini buat Indonesia datang-datang udah disambut mesra nih sama bapak Menpora , bener bener mengharumkan tanah air #MenporaSambutPahlawan,” ujar @Anisiyahho.

Sebanyak 14 atlet kotingen Paralimpiade Tokyo 2020 kloter terakhir tiba di Tanah Air. Di antaranya ada peraih tiga medali sekaligus dari cabang olahraga parabulutangkis, Leani Ratri Oktila.

Selain itu, ada pula peraih medali emas Khalimatus Sadiyah (ganda putri parabulutangkis) dan Hary Susanto (ganda campuran parabulutangkis).

Selain itu ada pula peraih perak, Dheva Anrimusthi, peraih perunggu diantaranya Fredy Setiyawan, Suryo Nugroho, Sapto Yogo Purnomoserta. Serta Ukun Rukaendi, Famini, Jaenal Aripin,Elvin Elhudia Sesa, Karisma Evi Tiarani, Putri Aulia, Setiyo Budi Hartanto dan CdM, pelatih dan ofisial.

Saat menyambut kedatangan para atlet, pelatih dan ofisial Menpora Amali mewakili pemerintah menyampaikan rasa bangga atas torehan prestasi yang diraih kontingen Indonesia di Paralimpiade 2020 dengan total 9 medali.

Menurutnya, torehan prestasi tersebut melampaui target dari pemerintah dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) untuk perbaikan peringkat dari Paralimpiade di Rio De Jeneiro 2016.

Di mana kala itu, Indonesia menempati peringkat 76 dengan perolehan satu perunggu. Sementara Paralimpiade Tokyo 2020, Indonesia berhasil menempati peringkat 43 dengan perolehan sembilan medali.

"Alhamdulillah target-target yang ada tercapai, bahkan terlampaui. Karena itu saya atas nama pemerintah mengucapkan terimakasih kepada NPC, Pak Senny Marbun dan para atlet atas raihan prestasi," ucapnya.

Menpora Amali juga menyampaikan salam hangat dan rasa bangga Presiden Joko Widodo dan seluruh rakyat Indonesia atas prestasi yang membanggakan buat bangsa dan negara tersebut.

"Salam hangat dan rasa bangga dari bapak Presiden Joko Widodo, semalam beliau sampaikan kepada saya karena saya melapor akan menjemput kontingen Indonesia yang akan kembali ke Tanah Air. Beliau menyampaikan, salam hangat dan ucapan terimakasih atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia kepada para pendamping, para pelatih, para atlet dan kontingan Indonesia," katanya.

Untuk diketahui, pada Paralimpiade Tokyo 2020 digelar 24 Agustus- 5 September 2021 ini, Indonesia berhasil meraih total sembilan medali dari 23 para atlet yang turun di tujuh cabang olahraga berbeda. (dkk/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler