Sambutan Hangat dari Universitas Tertua di Rusia untuk Bu Mega

Selasa, 17 September 2024 – 06:36 WIB
Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri (tengah) saat mengunjungi Universitas Saint Peterburg di Sanit Petersburg, Rusia, Senin (16/9/2024). Foto: Humas DPP PDIP

jpnn.com, ST PETERSBURG - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri mengawali rangkaian kunjungan kerjanya di Rusia dengan mengunjungi Universitas Saint Petersburg, Senin (16/9/2024) waktu setempat.

Ketua umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu dijadwalkan menyampaikan kuliah umum di kampus ternama tersebut.

BACA JUGA: Megawati Dorong Negara Dunia Buat Aturan Soal Penggunaan Artificial Intelligence

Tiba di Rektorat Universitas Saint Petersburg menjelang tengah hari, Megawati terlihat didampingi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga dan Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri DPP PDIP Ahmad Basarah, mantan Menteri Sekretaris Negara Bambang Kesowo, eks Menteri Kelautan Rokhmin Dahuri, dan Wakil Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Amarulla Octavian.

Menurut siaran pers DPP PDIP, Rektor Universitas Saint Petersburg Prof. Nikolay Mikhailovich Kropachev menyambut langsung kehadiran Megawati.

BACA JUGA: Di Rusia, Megawati Sebut Pancasila Bisa Menjawab Permasalahan Geopolitik dan Pemanasan Global

Guru besar ilmu hukum itu didampingi akademikus cum penulis kondang Connie Rahakundini Bakrie yang kini menjadi mahaguru ilmu hubungan internasional di Universitas Saint Petersburg.

Begitu Megawati turun dari mobil, Prof. Nikolay langsung menyambutnya dengan buket mawar. Rektor ke-44 Universitas Saint Petersburg itu langsung memuji Megawati yang mengnakan busana bernuansa merah dngan motif bunga.

BACA JUGA: Fadli Zon Sambangi Pusat Nusantara Universitas St Petersburg

Selanjutnya, Nikolay mengaku senang dan bangga bisa menyambut Megawati. Dia juga mengajak putri Presiden PErtama RI Soekarno itu mengelilingi bangunan Rektorat Universitas Saint Petersburg.

Nikolay menjelaskan Universitas Saint Petersburg merupakan kampus tertua di Rusia. Megawati pun bertanya kepada Nikolay.

“Kampus ini sudah sejak tahun kapan, ya?” ujar Megawati kepada Prof. Nikolay melalui seorang penerjemah.

Nikolay, melalui penerjemah, menuturkan salah satu perguruan tinggi ternama di Rusia itu didirikan pada 1724. Selain itu, juga memperlihatkan sebuah lukisan yang menggambarkan suasana kampusnya pada masa lalu.

Saint Petersburg merupakan salah satu kota terbesar di Rusia. Kota itu pernah menjadi pusat Kekaisaran Rusia sebelum Revolusi Februari yang mengakhiri kekuasaan Tsar Rusia Nikolai II pada 1917.

Nama lain Saint Petersburg ialah Petrograd. Namanya juga pernah diganti menjadi Leningrad yang merujuk pada pendiri Uni Soviet Vladimir Lenin. (ast/jpnn.com)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bu Mega Tiba di Rusia, Apa Agendanya?


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler