Sampaikan Amanat, Megawati Ungkap Ada Upaya Membelokkan Cita-cita Kemerdekaan 

Sabtu, 17 Agustus 2024 – 20:13 WIB
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Foto : Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyebut belakangan ini muncul upaya membelokkan cita-cita kemerdekaan menggunakan kekuasaan.

Dia berkata demikian saat menyampaikan amanat sebagai inspektur upacara yang dilaksanakan PDI Perjuangan di halaman Masjid At-Taufiq, Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (17/8).

BACA JUGA: KTP Milik Kader PDIP Ikut Dicatut, Hasto Duga Ada yang Mau Buat Kandidat Boneka 

"Seluruh cita-cita besar kemerdekaan itu kini ada yang mencoba membelokkan sejarah melalui kekuasaannya," kata Megawati, Sabtu.

Putri Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno itu bahkan melanjutkan kedaulatan rakyat belakangan ini coba dibantu dengan kemandirian kekuasaan seperti terjadi di sektor hukum.

BACA JUGA: Diminta Satgas dan Anak Ranting PDIP, Megawati Pilih Upacara di Lenteng Agung

"Konstitusi yang harusnya menjadi landasan pokok bagi pemimpin dan seluruh rakyat Indonesia untuk dijalankan dengan selurus-lurusnya ternyata bisa seenaknya dibelokkan arahnya," kata Megawati.

Sebab, dia mengatakan hukum dipakai sekadar legalitas prosedural tanpa falsafah dan seluruh upaya tersebut berjalan secara sistematis melalui watak kekuasaan yang populis.

BACA JUGA: Megawati Memimpin Pengibaran Bendera Merah Putih di Hadapan Lautan Satgas PDIP, Lihat

"Sepertinya, untuk berbicara kebenaran pun banyak yang sudah tidak sanggup, mulutnya terkunci, mulutnya terdiam," kata Megawati.

Diketahui upacara di Masjid At-Taufiq dihadiri Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto hingga Ketua Dewan Kehormatan PDI Perjuangan Komarudin Watubun.

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Reformasi Sistem Hukum Nasional Ronny Talapessy, Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kebudayaan Rano Karno, Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kesehatan Ribka Tjiptaning, Wasekjen PDI Perjuangan Yoseph Adhi Dharmo, dan politikus PdI Perjuangan Bane Raka Manalu juga terlihat mengikuti upacara.

Ratusan anggota Satgas Cakra Buana yang mengenakan pakaian serbahitam menjadi peserta upacara. Mereka berbaris dengan menghadap tiang bendera.

Badan Kebudayaan Nasional (BKN) PDI Perjuangan juga terlihat berada di lokasi untuk memeriahkan upacara dengan menghadirkan drumben. (ast/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pilkada Jakarta, PDIP Belum Putuskan Usung Ahok atau Anies, Hasto Beri Penjelasan


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
PDIP   Megawati   amanat   konstitusi  

Terpopuler