Samsung Galaxy S20 Ultra: Satu Shutter Tangkap 10 Foto dan 4 Video

Selasa, 02 Juni 2020 – 17:20 WIB
Model menunjukkan Samsung Galaxy S20 Ultra pada acara Hands On Preview Samsung Galaxy S20 Ultra, Kamis (13/2). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Kamera smartphone terbaru kini hadir dengan berbagai kemampuan inovasi teknologi canggih. Seperti yang dilakukan Samsung pada model flagship terbarunya.

Samsung Galaxy S20 series yang baru saja diluncurkan di Indonesia, mengandalkan sejumlah peningkatan terutama di sektor kamera.

BACA JUGA: Samsung Galaxy S20 Ultra: Layar Lebar, Puas Buat Nonton

Bagi Samsung, salah satu kendala memotret yang sering dialami fotografer, ialah sulitnya memilih mode pemotretan pada kondisi dan momen penting dan berharga.
 
Terkadang, sebuah momen tidak bisa diabadikan hanya dalam sebuah foto atau sebuah video.

Atas dasar itu, Samsung mencoba memberi solusi melalui mode pengambilan gambar dan video dalam satu langkah, yakni fitur Single Take.

BACA JUGA: 4 Tips Kreatif di Rumah dengan Galaxy S20 Ala Dian Sastro

Mode Single Take sangat berguna untuk mengabadikan beberapa momen sekaligus, dalam bentuk foto dan video, hanya dengan sekali tekan tombol saja. Terutama untuk objek bergerak.

BACA JUGA: Review Samsung Galaxy S20 Ultra: Banyak yang Lebih!

Gambar yang dihasilkan berupa 10 foto dan 4 video dalam berbagai efek meliputi Live Focus, Cropped, Ultra Wide, monokrom, Fast-Forward, reverse, atau Boomerang.

Menurut Head of Product Marketing Mobile Samsung Indonesia, Denny Galant, Single Take merupakan inovasi tersendiri, pasalnya efek yang digunakan bukanlah efek digital.

"Meski itu ada banyak efek foto dan video yang dihasilkan, itu bukan efek digital. Karena cara kerjanya, sekali klik (tombol kamera), semua sensor berjalan bersamaan," kata Denny.

Dalam kesempatan yang lain, Samsung Mobile Product Manager Samsung Electronics Indonesia Taufiqul Furqan, berbagi cara efektif menggunakan fitur Single Take di Gaalxy S20 Ultra.

Buka fitur kamera dan kemudian swipe layar dan pilih mode “Single Take” di area bawah menu kamera.
 
Selanjutnya, arahkan kamera ke objek untuk merekam momen yang diinginkan.
 
"Tekan tombol shutter kamera dan tahan 3 hingga 10 detik," kata Furqan.
 
Mengandalkan teknologi AI, sistem di Galaxy S20 tambah Furqan, akan menyarankan pengguna untuk mengarahkan kamera ke sudut berbeda untuk memperoleh sudut video dan foto bervariasi.
 
Setelah selesai, pengguna bisa memilih save di galeri. Fitur Single Take akan menghasilkan minimal 2 video dan hasil maksimal berupa 10 foto dan 4 video.
 
Hasil foto atau video tersebut bisa dilihat di menu galeri sesuai kategori, baik langsung dari menu kamera maupun menu galeri terpisah.

Setiap foto dan video bisa menjadi file sendiri untuk digunakan sesuai keinginan, disimpan, diupload atau dibagikan ke sosial media.

Kemampuan tersebut berkat dukungan prosesor cerdas chip Exynos 990 yang tertanam di Galaxy S20 series.

Salah satu kemampuan spesifik chip Exynos 990 adalah mendukung pengoperasian banyak sensor kamera secara bersamaan. (mg8/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler