Santi, Bu Guru Honorer K2 yang sampai Sekolah Bajunya Kotor

Jumat, 21 September 2018 – 07:49 WIB
Massa honorer K2 menangis saat aksi unjuk rasa menuntut diangkat menjadi CPNS. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - Para honorer K2 yang usianya di atas 35 tahun sungguh kecewa lantaran tidak diberi kesempatan ikut tes CPNS 2018. Salah satunya Helda Arisanti, guru honorer di SMP 3 Bakumpai, Kabupaten Barito Kuala, Kalsel.

Santi tercatat sebagai guru honor daerah yang gajinya berasal dari APBD Kabupaten Batola. Dia mengaku telah mengajar selama 11 tahun di SMPN 3 Bakumpai.

BACA JUGA: Di Daerah Ini tak Satu pun Honorer K2 Bisa Ikut Tes CPNS

"Saya berharap ke depannya pemerintah lebih memperhatikan kami yang sudah menghonor puluhan tahun, dan belum juga menjadi PNS. Serta tidak bisa mengikuti CPNS karena terkendala umur," ujar perempuan yang kini telah berusia 39 tahun itu.

Perjuangan Santi sebagai honorer sendiri telah diuji puluhan tahun. Untuk mencapai SMPN 3 Bakumpai, dia mengendarai sepeda motor dengan jarak tempuh sekitar 30 km. "Jalan yang bagus atau berbatu hanya sekitar 20 km, dan 10 km masih jalan tanah," ujarnya.

BACA JUGA: Formasi CPNS 2018: Jatah Guru Matematika Terbanyak

Jalan yang tanah, masih bisa mereka lintasi apabila pada musim kering seperti ini. Tetapi pada musim hujan mereka harus menyewa taksi kelotok untuk menuju sekolah.

"Kami pernah jalan kaki sekitar 2 km saat hujan. Jalan becek dan motor tidak bisa dikendarai sama sekali," ujar Bu Guru yang kerap sampai di sekolah dengan kondisi baju kotor itu.

BACA JUGA: Formasi CPNS 2018: Tenaga Kesehatan Terbanyak

Jika dihitung-hitung, upah Santi tidak setimpal dengan pengeluaran selama mengajar. Karena itu, untuk menambah penghasilan dia membuat kue yang dititipkan di warung-warung yang ada di Batola.

"Pulang sekolah langsung membuat kue, dan pagi hari, dini hari sekali mengantar kue ke warung-warung. Dan berangkat ke sekolah, setelah selesai mengurus keperluan anak," ujar ibu tiga anak ini.

Kisah sedih dari guru honorer juga datang dari pesisir Kalsel. Para tenaga pengajar ini pontang-panting untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kadang harus gali lubang tutup lubang.

Sapto Nugroho, sarjana lulusan FKIP Bahasa Inggris Uniska Banjarmasin telah menjadi guru honorer selama belasan tahun. Jam kerjanya sama dengan guru PNS. Datang pagi pulang siang. Tapi gaji mereka tidak memadai.

"Tidak cukup. Beruntung kadang ada keluarga yang bantu. Mau buka Bimbel di sini sepi peminatnya," ujarnya yang tak memahami mengapa pemerintah harus membatasi usia harus di bawah 35 tahun. "Ini diskriminatif," ujar pria yang usianya sekarang genap 35 tahun sekian bulan.

BACA JUGA: Selama Honorer K2 Belum Diselesaikan, Tolak Tes CPNS 2018

Dia mengatakan bahwa faktanya sekolah sekarang masih kekurangan guru. Maka sebutnya, jika ada pengangkatan PNS sudah seyogianya yang diangkat adalah yang sudah berpengalaman.

"Kan begitu. Sudah pengalaman belasan dan puluhan tahun di sekolah, mereka mestinya yang prioritas. Ini kebalik," tambahnya yang sudah memiliki istri dan anak itu. (mr-152/zal/ay/ran)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Selama Honorer K2 Belum Diselesaikan, Tolak Tes CPNS 2018


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler