Satgas VIP Terlatih Amankan Capres Cawapres

Rabu, 21 Mei 2014 – 12:14 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Mabes Polri sudah menyiapkan tim Satuan Tugas VIP untuk pengamanan calon presiden dan wakil presiden. Pengamanan VIP itu merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Boy Rafli Amar menegaskan bahwa tim Satgas itu sudah dilatih dan dilengkapi dengan berbagai perlengkapan.

BACA JUGA: SBY Sebut Pilpres Satu Putaran, Jokowi Tertawa

"Kami siapkan Satgas VIP untuk enam pasangan calon presiden dan calon wakil presiden," katanya di Mabes Polri, Rabu (21/5).

Dijelaskan Boy, Satgas VIP itu nantinya akan melakukan pengamanan melekat bersama capres dan cawapres.  Personelnya ada yang berpakaian lengkap maupun sipil.

BACA JUGA: Tanpa HT, Hanura Mungkin tak Lolos PT

"Pengamanan yang dilakukan Satgas nanti bersifat tertutup dan terbuka. Fungsi tertutup oleh intelijen yang melekat bersama dengan tim itu," katanya.

Selain itu, Tim Satgas VIP juga akan diisi oleh unsur dari pengawalan lalu lintas roda dua dan empat. Kemudian, pengawalan pribadi yang memang disiapkan satu kendaraan khusus.

BACA JUGA: KPK Segera Garap Sutan Bhatoegana

Tak hanya itu, tim kesehatan juga menyertai para capres. Lengkap dengan dokter, perawat maupun ambulance. "Ini akan bersama capres cawapres selama melakukan kegiatan, baik di ruang tertutup maupun terbuka," ungkap Boy.

Tim Satgas VIP itu akan melaksanakan tugas 1 x 24 jam. Penugasan nanti diatur oleh perwira senior atau Kepala Satgas yang ditunjuk. "Ini akan berjalan sampai pelantikan resmi pada Oktober 2014," ujarnya.

Yang jelas, kata Boy, jumlahnya nanti diatur sesuai kebutuhan. Ia menolak menjelaskan secara detail jumlah Tim Satgas VIP tersebut. "Jumlah kami tidak bisa disampaikan secara fix. Konteks kekuatan berbeda sesuai kebutuhan," katanya. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... IPW Minta Kompol AS Segera Dipecat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler