Satu Jam Sekali, Wajib Pukul Jeruji Tahanan

Senin, 01 Mei 2017 – 17:15 WIB
Pengawasan diperketat. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BANJARMASIN - Mapolresta Banjarmasin, Kalsel, memperketat pengawasan terhadap para tahanan. Petugas jaga akan selalu melakukan kontrol satu jam sekali, guna mencegah terjadinya kasus tahanan kabur.

Di ruang tahanan juga dilengkapi kamera CCTV yang tersembunyi untuk memantau segala aktivitas para tahanan.

BACA JUGA: Tiap Satu Jam Wajib Pukul Jeruji Besi Tahanan

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Anjar Wicaksana, mengatakan bahwa sesuai anjuran Kapolda Kalsel, petugas yang memeriksa agar memukul jeruji besi sel. Tujuannya untuk mengetahui apakah jeruji besi itu dalam kondisi bagus atau tidak.

"Setiap kali mengontrol petugas wajib memukul jeruji besi saat lewat, apabila jeruji besi rusak, maka bunyinya akan beda," ungkapnya, seperti diberitakan Radar Banjarmasin (Jawa Pos Group).

BACA JUGA: Listrik Padam, Dua Tahanan Asal Vietnam Kabur dari Kejaksaan

Dia juga mengatakan bahwa setiap tahanan wajib memakai baju seragam tahanan dan tidak diperbolehkan memakai baju pribadi. Ini agar bisa dibedakan antara tahanan dan pembesuk.

"Selain itu saat pembesuk ke tahanan, petugas harus memeriksa makanan yang dibawa dengan teliti, karena untuk menghindari pembesuk memasukkan barang terlarang ke rutan," ucapnya.

BACA JUGA: Bendot Kabur, Sembunyi, Menyusuri Sungai, Akhirnya...Dor!

Anjar juga mengatakan bahwa untuk membina para tahanan, harus memberikan hak mereka dan diperlakukan dengan pantas, walaupun mereka orang bermasalah.

"Pendekatan harus dilakukan kepada para tahanan, apabila ada yang sakit langsung diberikan pengobatan, dan apabila mereka rindu sanak keluarganya, petugas wajib meminjamkan handphone untuk mereka bisa menelepon keluarganya," kata orang nomor satu di kepolisian Mapolresta Banjarmasin.

Sebanyak 33 CCTV dipasang di ruang tahanan. Layar pantaunya diawasi langsung oleh Kapolresta Banjarmasin, Kasat Tahti serta Kabag Ops.

"Seandainya ada tahanan yang ketahuan mencoba untuk berniat melarikan diri, akan kami tindak tegas," ucapnya. (mr-147)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Diajak Nur Iblis, Sembunyi di Hutan Didatangi Makhluk Halus


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Tahanan   tahanan kabur   CCTV  

Terpopuler