Satu-satunya Pemain Inggris di Yunani

Kamis, 25 Februari 2010 – 02:55 WIB
Matt Derbyshire. Foto: Sportinglife.com.
PIRAEUS - Hanya segelintir pemain Inggris yang memilih berkarir di luar InggrisMatt Derbyshire bahkan seorang diri di Liga Yunani

BACA JUGA: Lippi Yakin Nesta Balik Lagi

Penyerang kelahiran Blackburn 23 tahun lalu itu telah membela Olympiakos lebih dari setahun terakhir.

Publik Inggris menganggap langkah Blackburn Rovers meminjamkan Matt Derbyshire ke Olympiakos pada 28 Januari 2009 sebagai aktivitas transfer biasa
Seperti klub Premier League lainnya, mereka meminjamkan pemain mudanya ke klub luar Inggris demi menimba pengalaman.

Sejak masuk tim senior Blackburn pada 2004, Derbyshire memang sudahh dipinjamkan kemana-mana

BACA JUGA: Tiket Cacau ke Timnas Jerman

Di antaranya Plymouth Argyle dan Wrexham
Namun, berkarir di Yunani tentu bukan sesuatu yang mudah

BACA JUGA: Ingin Dua Anaknya Bawa Nama Besar Keluarga

Butuh sebulan baginya sebelum mencatat debut di Liga Super Yunani.

Derbyshire cepat berkembangTidak butuh waktu lama, mantan penyerang Inggris U-21 itu mendapat tempat regulerKarir Derbyshire di Negeri Dewa menjulang kala mengantarkan Olympiakos meraih gelar Liga Super Yunani dan Piala Yunani musim lalu.

Di final Piala Yunani, Derbyshire terpilih sebagai man of the match saat Olympiakos mengalahkan AEK Athena via adu penalti 15-14Kala itu, dia mencetak dua gol di waktu normalDitambah raihan delapan gol hanya dalam 11 laga, Kokkini - sebutan Olympiakos - tanpa ragu merekrutnya secara permanen awal musim ini dengan durasi empat tahun.

"Final Piala Yunani musim lalu sangat berarti karena saya mendapat jalan terus berkarir di siniKetika saya mencetak gol pekan lalu, orang masih membicarakan aksi saya di final PIala Yunani," kata Derbyshire sebagaimana dilansir di situs resmi klub dan disitir The Independent.

"Saya mungkin bukan pemain dengan skill hebat dan bisa menari-nari di depan pemain belakang lawan, tapi saya percaya Olympiakos melihat saya memiliki kemampuan yang dibutuhkan dalam tim mereka," tambah pemain yang dijuluki fans Olympiakos sebagai "anak adopsi" itu.

Status pemain Inggris, apalagi satu-satunya di Yunani saat ini, secara tidak langsung mengangkat popularitas DerbyshireDia kini sudah mendapat predikat pemain bintang sekaligus media darling (pemain yang selalu diburu media)Sejak pensiunnya Predrag Djordjevic, poster penggawa Olympiakos yang paling laris saat ini adalah poster Derbyshire.

Tapi, Derbyshire menepisnyaAlasan utama dirinya memilih Olympiakos karena kesempatan tampil di Liga ChampionsDengan membela klub tersukses di Liga Super Yunani (37 gelar) itu, Derbyshire merasakan apa yang didambakan pemain muda Eropa pada umumnya.

"Saya sempat ragu dengan peluang main di Liga Champions karena saya sempat cedera di awal musimSaya menerima 27 injeksi di pangkal paha dan harus absen tujuh bulanItu kali pertama saya cedera panjang," kenang Derbyshire yang baru main lima kali di liga musim ini.

Begitu pulih dari cedera, Derbyshire tancap gasDia mencetak dua gol dalam tiga laga pertamanya pascacedera"Fans kami tidak senang dengan start awal musim kamiNamun, kami masih punya peluang mempertahankan gelar liga," jelasnya.

Di Liga Super Yunani musim ini, Olympiakos berada di peringkat kedua hingga pekan ke-23Kokkini hanya terpaut dua poin (52-50) dari pimpinan klasemen Panathinaikos.

Bagi Derbyshire, adaptasi sudah mampu diatasinyaBegitu pula kehidupan sosial di YunaniTapi, masih ada satu masalah yang memusingkannyaYakni harus mengongkosi keluarganya bolak-balik ke Inggris"Setiap pekan, kartu kredit saya menerima tagihan akomodasi saudara, keluarga, hingga teman yang ingin berkunjung maupun menonton laga saya di Yunani," terang suami wanita Irlandia Melissa Norma dan ayah si kembar Callum dan Braidin itu(dns)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Navas Siap Bela Matador


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler