Sayangkan Naturalisasi Berlebihan

Minggu, 05 Juni 2011 – 05:40 WIB
Foto: Dok.JPNN

JAKARTA-Kebijakan penentuan penggawa timnas sepak bola Indonesia memang berada di tangan pelatihNamun, sampai saat ini sudah ada sinyal bahwa para pemain naturalisai akan semakin banyak yang menghiasi wajah pemain timnas.

Deputi Bidang Teknik BTN Iman Arif menyebutkan bahwa para pemain yang saat ini sedang diusahakan untuk dinaturalisasi hampir pasti masuk dalam tim pelatnas persiapan pra piala dunia (PPD) 2014

BACA JUGA: Menjaga Gengsi Balikpapan

Nama-nama tersebut antara lain Stefano Lilipaly (gelandang), Jhonny Van Beukering, dan Sergio van Dijk (striker).

"Mereka cukup besar peluangnya untuk masuk ke pelatnas PPD 24 Juni mendatag
Proses penerbitan paspornya terus berjalan sampai sekarang

BACA JUGA: Hiddink Buka Pintu Untuk Chelsea

Dalam waktu dekat semuanya akan beres dan mereka segera bergabung di pelatnas," kata mantan ketua BTN tersebut.

Bukan hanya membicarakan kemungkinan, Iman juga menyebut bahwa ketiga pemain tersebut akan menjadi pesaing para pemain yang selama ini dianggap sulit digusur posisinya di timnas
Seperti Christian Gonzales, Bambang Pamungkas, dan Firman Utina.

Lilipaly, lanjut Iman kemungkinan bakal menggantikan posisi Firman Utina

BACA JUGA: Sirkuit Catalan Kurangi Jumlah Pembalap

Pemain yang merumput di FC Utrecht, Belanda, itu dinilai pantas menjadi otak serangan timnas dengan kualitasnyaSedangkan, Beukering dan Vandijk akan menjadi pengganti Bambang dan Christian Gonzales di lini depan.

"Mereka nantinya akan bersaingSiapa yang berkualitas, tentu dia yang akan tergabung di timnasJadi, posisi saat ini bukan jaminan bagi para pemain yang sudah menjadi langganan timnas," papar Iman.

Menyikapi pernyataan Iman, kapten timnas Firman Utina yang dikonfirmasi sangat menyayangkan semakin banyaknya gelombang kedatangan pemain naturalisasiDia menilai bahwa Indonesia sebenarnya memiliki banyak stok untuk pemain yang bsia menjadi penggantinya di masa depan.

Namun, sebaliknya, timnas malah lebih percaya pada kemampuan pemain Naturalisasi yang belum dikenal betul kemampuannya dan daya juangnya saat berkompetisi.

"Masalahnya, tim ini masih ragu untuk mempercayakan tugas kepada para pemain mudaPadahal Indonesia punya Mahadirga Lasut, Egi (Melgiansyah) dan Johan (Juansyah)Bagaimana mereka bisa tersah skill dan mentalnya kalau tidak dapat kesempatan," ucap pemain 29 tahun tersebut.

Kendati demikian, Firman tidak mau mempermasalhkan hal itu terlalupanjangAlasannya, segala keputusan berada di tangan pelatih kepala tim nasional, Alfred RiedlMenurutnya, jika memang berkualitas Riedl tidak akan memungkiri dan akan memasukkan nama pemain tersbeut ke dalam skuad timmerah putih(aam)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Peluang Sejarah Emas Chavez Jr


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler