SBY Dipastikan Buka Muktamar NU

Selasa, 23 Maret 2010 – 02:44 WIB
JAMUAN - Mantan Wapres RI Jusuf Kalla, menjamu makan malam para mufti dari negara sahabat dan pengurus PBNU, termasuk Rois Am PBNU KH Sahal Mahfudz dan Ketua Umum KH Hasyim Muzadi, di kediaman pribadinya Jl Haji Bau, Senin (22/3) malam menjelang pembukaan Muktamar NU. Foto: Tawakkal/Fajar/JPNN.
MAKASSAR - Berbagai persoalan yang melanda bangsa ini beberapa waktu terakhir menjadi perhatian Nahdlatul Ulama (NU)Oleh karena itu, pada pembukaan Muktamar ke-32 NU yang bakal berlangsung hari ini, Selasa (23/3), secara khusus akan dilaksanakan istighotsah atau doa bersama untuk bangsa.

Meski istighotsah itu tidak masuk dalam daftar acara pembukaan, panitia sudah menyampaikannya dalam jumpa pers di Media Center Asrama Haji Makassar

BACA JUGA: Peringati Hari Air dengan Mawar

"Pembukaan dilakukan pukul 13.00
Tapi, pukul 11.30 audiens sudah harus hadir

BACA JUGA: Selepas Dibacakan, Dakwaan Dipublikasikan

Sebab, ada istighotsah dulu untuk bangsa dan negara," kata Ketua Pusat Panitia Muktamar, KH Drs Hafizh Utsman, Senin (22/3).

Istighotsah tersebut disebutkan akan dipimpin ulama asal Makassar
Hanya saja, Hafizh mengatakan belum tahu nama ulama Sulsel yang ditunjuk itu

BACA JUGA: Nasib Nunun dan Ary Muladi Ditentukan Sidang Tipikor

"Namanya istighotsah, tentu doa untuk bangsa dan negara," tambah Taufiq R Abdullah, sekretaris panitia.

Di sela-sela istighotsah, juga disebutkan akan ada penampilan paduan suara mahasiswa dari UnhasJuga, akan ada sinrilik dengan lagu-lagu tema NU di Sulsel"Setelah SBY datang, akan ada silaturahmi dengan mufti (pemimpin tertinggi umat Islam dari 49 negara), ulama dan dubes, yang dipimpin Rais Aam," kata Hafizh.

Menurut Hafizh pula, SBY rencananya akan datang dengan rombongan besarTermasuk di antaranya para kepala staf dalam lingkup TNI"Kepala Staf TNI dan Kapolri akan datangJuga, para kepala daerah, pimpinan lembaga tinggi negara, tokoh ormas, tokoh politik, ahli media, termasuk dari luar negeri," bebernya"Seluruh kepala staf dibawaYa, tapi kami baru mendengar saja," imbuh Taufiq.

Panitia sendiri berharap, pembukaan dan seluruh rangkaian Muktamar NU di Makassar berlangsung lancar dan amanSelancar seperti saat muktamar dilaksanakan di tiga daerah lain di luar Jawa, yakni di Banjarmasin (muktamar ke-11), Palembang (muktamar ke-19), serta Medan (muktamar ke-22)"Mudah-mudahan di Makassar juga lancar, karena yang dulu lancar semuaKami berharap lancar, karena dalam hal ketertiban sudah bagusPangdam dan Kapolda sudah memberi jaminanKami berkoordinasi terus," kata Hafizh.

Harapan sama disampaikan oleh TaufiqBahkan, Taufiq mengatakan bahwa demo kemarin, termasuk yang menolak kedatangan SBY, tidak akan mengganggu muktamar"Itu dinamika masyarakatItu kan situasi nasional barangkaliTapi, saya berharap, bantulah kami agar muktamar berjalan lancarTolong, bagaimana menciptakan kelancaran dan muktamar sukses," tandasnya(amr/jpnn/c7/agm)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tunggu Giliran Boediono dan Sri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler