SBY Goreng Sri Mulyani-Hatta Rajasa untuk 2014

Kamis, 04 Agustus 2011 – 13:34 WIB
JAKARTA- Sri Mulyani adalah satu-satunya calon presiden yang muncul saat iniPartai-partai politik lain belum berani menyebut nama

BACA JUGA: Jenguk Azka dan Shafa, DPR Minta Jaminan Negara

Sementara para calon independen masih tiarap
Tiba-tiba Partai Serikat Rakyat Independen yang masih "hijau" kok berani memajukan sosok kontroversial Sri Mulyani? Ada yang menyebut Sri Mulyani cuma boneka.

Politisi senior, Zaenal Maarif, menduga, Sri Mulyani dan Serikat Rakyat Independen tidak akan sebodoh itu melenggang ke arena politik 2014 jika tidak ada kekuatan besar yang mendukungnya

BACA JUGA: Polri Kirim Ahli Forensik ke Sulut

Bukan cuma dari luar negeri tapi juga dari dalam negeri.

"Kekuatan politik bukan partai SRI, tapi pada Partai Demokrat dan PAN yang akan mengajukan Hatta Rajasa sebagai Cawapres," ujar Zaenal Maarif, Kamis (4/8).

Mantan Wakil Ketua DPR ini menjelaskan dasar pemikiran itu
Tokoh-tokoh utama di Partai SRI seperti  Rahman Tolleng, Todung Mulya Lubis dan lain-lain, hampir sebagian besar adalah orang yang sengat dekat dengan Presiden dan Ketua Dewan Pembina Demokrat, SBY

BACA JUGA: Safari Ramadan, SBY Hanya Keliling Jawa

Kemudian, analisanya itu berdasarkan situasi di internal Demokrat saat ini.

"Saya bisa memahami, seperti surat terbuka saya yang lalu, akhirnya apapun kondisinya Anas Urbaningrum (ketua umum Demokrat) mustahil mampu jadi calon di 2014 dan sebaiknya keluar dari Demokrat," jelasnya.
 
Mengapa dia demikian yakin bahwa SBY dan Demokrat punya hubungan kuat secara emosional dan politik, melihat dari cara penyelamatan Sri Mulyani dari skandal Bank Century oleh SBY dan DemokratDan hampir seluruh perabot pendukung SRI beserta linknya tidak jauh dari lingkaran SBY.

"Gonjang-ganjing Demokrat cuma membuat SBY tertawa kecil," sebut mantan politisi PBR dan Demokrat ini.

Tapi, dia akui SBY memang bertaruh besar kalau benar-benar memasang Sri Mulyani, Nama ekonom UI itu tercoreng besar kala menjadi "tersangka" di skandal bailout Bank Century dimana dia menjabat Menteri Keuangan dan mantan Ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK)Ketika menjadi Menteri Keuangan pun tidak banyak sukses yang diraihnya.

"Tapi sebagai figur akademisi dan seorang perempuan, dia mampu berdialog dengan SBYDia di kalangan terdidik itu sangat dikenal, tapi apakah akan mampu menjangkau sampai di akar rumput, masih jauhYang pasti dia sudah deklarasi dan SBY sudah pasti estimasi kekuatannya dan semua sepengetahuan SBY walau Sri Mulyani berat," paparnya.
 
"Capres atau Cawapres harus design SBY dan situasi sekarang Pak SBY ingin amanHatta, calon besannya menjadi RI-2, itu minimalMaka, Sri Mulyani dan SRI itu boneka baru," imbuh Zaenal.(ald/rmol)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perusahaan Perbankan Diminta Kerjasama Serikat Buruh


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler