SBY Harus Bela Palestina Seperti Soekarno

Kamis, 17 Juli 2014 – 01:36 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) mendesak pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk memaksimalkan dukungan kepada Palestina. Organisasi mahasiswa Islam ini mengingatkan bahwa komitmen Presiden RI pertama, Soekarno yang mendukung kemerdekaan Palestina harus dilanjutkan oleh pemerintahan sekarang.

Oleh karenanya, pemerintah diminta untuk menyampaikan kecaman keras kepada Israel atas serangan militer di Gaza.

BACA JUGA: Ingatkan KPU, Bawaslu dan Polri Tak Sepelekan Kejanggalan di Sampang

"Mendukung Palestina sebagaimana Soekarno pernah katakan, sampai kapan pun Indonesia menentang penjajahan Israel kepada Palestina," kata Ketua KAMMI DKI Jakarta Abi Subhan Rahmat kepada wartawan di Jakarta, Rabu (16/7).

Abi menegaskan, pemerintah Indonesia harus aktif mendorong gerakan yang menuntut genjatan senjata di Gaza. Menurutnya, upaya tersebut bisa dilakukan melalui diplomasi di organisasi internasional.

BACA JUGA: 4 Pesan Presiden untuk Perdamaian di Gaza

Pemerintahan SBY juga didorong untuk menuntut keadilan bagi rakyat Palestina dengan menyeret Israel ke pengadilan atas tuduhan pelanggaran HAM berat.

"Menuntut pemerintah Indonesia menginisiasi gerakan di forum-forum internasional untuk menghentikan serangan Israel, dan membawanya ke Mahkamah Internasional," ujar Abi.

BACA JUGA: Konseptor BPMKS Anggap Program Jokowi Rugikan APBN

Sebagai bentuk dukungan, tadi siang puluhan aktivis KAMMI menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung Kedutaan Besar Amerika Serikat di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Mereka menyerukan Israel yang merupakan sekutu Amerika segera menghentikan serangan militer di Gaza. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Budi Mulya Divonis Bersalah, Kasus Century Jalan Terus


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler