SBY -Ical Dijadwalkan Segera Bertemu

Senin, 07 Maret 2011 – 19:15 WIB

JAKARTA - Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Agung Laksono memastikan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan segera bertemu dengan Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal BakrieMenurut Agung, kedua tokoh itu akan bertemu dalam pekan-pekan ini di Komplek Istana Negara

BACA JUGA: Pidato Ical, Tantang Partai Demokrat

“Keduanya akan bertemu secepatnya, minggu ini, membahas mengenai masa depan koalisi
Pertemuannya di istana tapi saya belum tahu pastinya kapan,” kata Agung yang juga Menkom Kesra di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II itu kepada wartawan di Jakarta, Senin (7/3).

Menurut politisi senior Partai berlambang beringin itu, antara isu resuffle dan koalisi merupakan dua kasus yang berbeda

BACA JUGA: Golkar: Berkoalisi Tapi Tetap Kritis

Agung juga membantah, bahwa resuffle akan ditentukan dengan format koalisi baru
Agung juga menegaskan, sejauh ini Presiden SBY belum bersikap mengenai keberadaan Ical - begitu Aburizal Bakrie biasa disapa - sebagai sekretaris Setgab."Soal itu akan dibahas dalam internal Setgab," kata Agung berkelit.

Agung memperkirakan, pertemuan antara SBU-Ical tidak hanya akan membahas soal koalisi maupun resuffle

BACA JUGA: Hatta: SBY Lama Ambil Keputusan

Diantaranya tentu masalah evaluasi Setgab bahkan bukan tidak mungkin juga membahas masalah resuffle kabinet‘’Untuk masalah evaluasi koalisi, tentunya sekarang posisi Golkar apa adanyaSurat perjanjian yang ditandatangani masing-masing Ketua Umum partai bersama koalisi tidak dicabutArtinya tidak diubah dan masing-masing tetap berada dalam koalisi,’’ kata Agung.

Perubahan Setgab koalisi kata Agung, baru bisa berubah bilamana perjanjian yang telah disepakati tidak diakui lagiNamun Agung menegaskan, perubahan tersebut tidak bisa dilakukan sepihak oleh Presiden SBY meski jabatannya sebagai ketua koalisi.

‘’Tentu tidak begitu (mekanismenya)Tetapi yang jelas sekarang faktanya masih seperti ini (Golkar dalam koalisi)Kalau mengenai resuffle, kembali lagi itu kewenangan Presiden,’’ kata Agung.

Sementara itu, usai melakukan pertemuan dengan para menteri secara tertutup di kantor Presiden, Agung menegaskan kembali bahwa tidak ada pembicaraan Presiden SBY mengenai rencana resuffle kabinet‘’Tadi tidak disinggung soal resuffle tetapi tentang agenda-agenda pekerjaan rumah kabinet,’’katanya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Umum PAN yang juga menjabat sebagai Menko Ekonomi Hatta RajasaHatta bahkan membantah pemberitaan yang mengatakan dirinya stres dengan santernya berita resuffleOrang kepercayaan SBY inipun enggan untuk memberikan penilaian tentang Setgab koalisi‘’Masa saya stres, kapan saya stres? (Soal koalisi) Kawan-kawanlah yang melakukan penilaianNanti kita tunggu,’’ kata Hatta singkat.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Politisi Golkar Paling Berpengaruh di DPR


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler