SBY Minta Pajak Buruh Dikaji Ulang

Senin, 02 Mei 2011 – 06:16 WIB

JAKARTA - Di saat puluhan ribu buruh berdemo didepan Istana Negara, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memilih berkunjung ke pabrik-pabrik di BogorDalam memperingati Hari Buruh Dunia (May Day) ini, SBY berjanji akan mengkaji ulang pengenaan pajak penghasilan bagi buruh.
   
"(Kunjungan) ini untuk memastikan ada hubungan yang baik antara pimpinan perusahaan dengan pekerja

BACA JUGA: Target Perdagangan Naik USD 80 Miliar

Kalau hubungannya baik, Insya Allah akan berkembang perusahaan itu dan kalau perusahaan berkembang pekerja akan ditingkatkan kesejahteraannya," ujar SBY saat tiba di PT Industri Keramik Kemenangan Jaya, Minggu (1/5).
     
Dalam kunjungannya itu, Presiden didampingi Ibu Negara, Ani Bambang Yudhoyono, Mensesneg Sudi Silalahi, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih, Seskab Dipo Alam, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriawan, dan Dirut Jamsostek Hotbonar Sinaga
Setibanya di tempat, Presiden langsung melihat jenis-jenis keramik yang diproduksi.
     
Dalam kesempatan itu, Presiden meminta produsen tidak takut bersaing dengan negara maju

BACA JUGA: Empat Perusahaan Bersaing Garap PLTU Jateng

SBY mengambil contoh, truk besar untuk negara maju dan truk kecil bagi negara berkembang
"Truk kecil memang tidak mungkin menabrak truk besar

BACA JUGA: RI Ingin Tiru Industri Tiongkok

Tetapi truk besar tidak bisa masuk jalan kecilDi situ cari peluang, pasar, menjual produknyaTruk kecil pun dengan ikhtiar, akal, taktik, bisa juga mendapatkan pasar," cetusnya.
     
Tak lupa, Presiden meminta pengusaha untuk tetap memperhatikan aspek lingkunganSementara itu terkait dengan peringatan  Hari Buruh tanggal 1 Mei, SBY berharap seluruh perusahaan di tanah air terus bekerja maksimal agar bisa meningkatkan kesejahteraan pekerjanya"Kalau tumbuh jangan lupa untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja," tegasnya.
     
SBY berjanji akan terus mengembangkan kebijakan yang tidak merugikan perusahaan dalam negeriHal itu antara lain akan dilakukan dengan membatasi produk-produk asingDisisi lain pemerintah selalu mewujudkan sinergi antara unsur pekerja, pengusaha, dan pemeritah"Pengusaha jangan mudah melakukan PHKKalau PHK dilakukan, nanti banyak pengangguran," tandasnya.
     
Di kesempatan itu, Presiden berkesempatan melakukan sesi tanya jawab dengan pekerja di PT Industri Keramik Kemengangan JayaPerwakilan dari 1.140 karyawan di perusahaan keramik itu, Fahrul Roziah, mengeluhkan besarnya potongan pajak bagi pekerja berpenghasilan rendah"Selama ini kami dipotong pajak penghasilan atau PPh 21 yang cukup besarUntuk itu kami berharap, bisa merasakan manfaat PPh 21 itu," tukasnya.
     
Pertanyaan Fahrul langsung dijawab Presiden SBYDia mengatakan pajak berlaku dan diperlukan di negara manapun"Sebagai contoh kita membangun, menjalankan pemerintahan, membantu rakyat apakah itu pendidikan, kesehatan, pengurangan kemiskinan serta menjaga keamanan negaraSemua yg dilakukan di negeri ini hampir 80 persen biayanya dari pajak," tuturnya.
     
Lebih jauh SBY mengatakan yang harus membayar pajak lebih itu adalah orang kaya yang penghasilannya?besar karena menjalankan usahanya di negeri ini dengan kemudahan-kemudahan yang diberikan negara"Bagi saudara-saudara kita yang tidak mampu membayar pajak tentu tidak boleh dipajakinUntuk hidup sehari-hari pun katakanlah pas-pasan, dipajakin, itu tidak adil," ungkapnya.
     
Selama ini, masyarakat dengan penghasilan dibawah Rp 1,25 juta perbulan tidak kena pajak atau masuk kriteria Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP)Terkait hal itu, SBY meminta Menakertrans, Menteri Keuangan, Dirjen Pajak, dan menteri-menteri terkait untuk melihat kembali batas adil pengenaan pajak bagi pekerja"Saya minta ditinjau, berapa penghasilan yang patut kena pajak dan berapa yang tidak patut kena pajak," kata SBY.
     
Usai berkunjung ke pabrik keramik, SBY beralih mengunjungi PT Tirta Investama di JlMercedez Benz, CileungsiDi pabrik yang memproduksi air minum dalam kemasan tersebut, SBY mengaku sudah lima tahun ini memperingati Hari Buruh dengan berkunjung ke pabrik-pabrik"Saya harap Gubernur, Bupati, Walikota, agar di Hari Buruh menggunakan kesempatan bertemu dengan pekerja-pekerja," jelasnya(wir)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 2013, Batam Butuh Banyak Tenaga Kerja


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler