SBY Tanggapi Isu 'Pemilu Curang'

Rabu, 08 April 2009 – 16:48 WIB
JAKARTA - Lontaran-lontaran tajam terkait pemilu legislatif 2009 yang terus bergulir, ditanggapi pula oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)Salah satunya menyangkut isu soal kemungkinan banyaknya kecurangan dalam pemilu ini

BACA JUGA: SBY: Kerusuhan 1998 Jangan Terulang

Terhadap hal ini, SBY meminta elit politik khususnya, supaya tidak melempar isu negatif soal pemilu bisa curang
Sebab katanya, bila itu benar terjadi, sesungguhnya bisa merobek kehormatan.

"Saya memberikan apresiasi kepada para elit dan parpol yang bisa berkampanye dengan patut dan baik, tidak berlebihan

BACA JUGA: Gubernur Kalsel Berharap PLN Tak Padamkan Listrik

Kita semua yang sedang mengemban amanah di jajaran ini betul-betul berusaha dengan baik
Tapi kita tidak boleh lengah, tetap waspada

BACA JUGA: Organisasi Pensiunan TNI-Polri Bertemu SBY

Tidak berarti menyeram-nyeramkan keadaan," paparnya di Istana Negara Jakarta, Rabu (8/4).

SBY memang menanggapi serius isu politik tentang pemilu bisa curang itu"Isu bahwa pemilu bisa curang ini, saya melihat ada yang sengaja berupaya mengangkatnyaMarilah kita cegah agar pemilu ini tidak curangMari (juga) kita cermati isu ini dengan jernih dan tidak gegabah," ujarnya.

SBY pun lantas balik bertanya soal isu pemilu bisa curang itu"Barangkali saudara juga bertanya, kalau pemilu ini bisa curang, curangnya di mana? Lalu, saudara bertanya lagi, jalannya kecurangan itu bagaimana? Sistemnya sudah masuk undang-undang, yang dibahas oleh pemerintah dan DPR-RI, wakil rakyat yang juga adalah pengejawantahan dari partai politikHingga kini sampailah kita melaksanakan pemilu yang bebas dari kecurangan," paparnya.

SBY juga menuturkan, bahwa di era pemerintah masih diawaki one single party, barangkali ada banyak permainan dan kecurangan itu"(Sekarang) kita tidak boleh berpikir atau menuduh seperti ituCoba bayangkan, saya dan Pak Jusuf Kalla (saja) berasal dari partai yang berbeda, belum para menteri, para gubernur, (juga) dari partai berbeda-beda," jelasnya.

Hanya saja, kata SBY lagi, bila isu itu bermakna positif, berarti harus dicegah bersama-sama"Saya tegaskan, jangan mau provinsi saudara atau provinsi mana saja dianggap curangItu akan merobek kehormatanSaudara-saudara kita pasti punya moral dan kehormatanSaya garisbawahi, bila ada isu pemilu bakal curang, mari kita jawab, untuk meniadakan kecurangan sekecil apapun di wilayah Indonesia," tegasnya, sambil menambahkan pemikiran yang sama soal isu kekacauan atau chaos yang disebut-sebut berpeluang terjadi(gus/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemilu Ibukota Dijamin Aman dan Zero Accident


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler