SBY Tinjau Korban Banjir di Karawang dan Bekasi

Selasa, 21 Januari 2014 – 15:12 WIB

jpnn.com - JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan rombongan menteri terkait mengadakan kunjungan ke wilayah Jawa Barat siang ini, Selasa (21/1). Kunjungan ini untuk meninjau wilayah yang terkena banjir di Karawang dan Bekasi.

“Saya telah berkomunikasi dengan Gubernur Jawa Barat berkaitan dengan banjir di Jabar, utamanya di Bekasi, Karawang sampai Indramayu,” ujar Presiden di kantornya, kompleks Istana Negara, Jakarta.

BACA JUGA: Erwiana Ungkap Penderitaannya ke Polisi Hong Kong

Presiden mengingatkan para menteri dan kepala daerah agar memperhatikan juga nasib para petani di wilayah-wilayah yang terkena dampak banjir tersebut. Ia menyatakan perlu diberikan solusi secepatnya karena itu menyangkut mata pencaharian masyarakat.

“Kita ke Karawang untuk melihat seberapa jauh genangan air di sawah-sawahnya yang akan berimplikasi juga pada produksi padi kita awal tahun ini,” sambung Presiden.

BACA JUGA: Tiba di Pengadilan Tipikor, Loyalis Cium Tangan Anas

Seperti diketahui, puluhan ribu rumah yang tersebar di 108 desa di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terendam banjir menyusul meluapnya sejumlah sungai besar di daerah itu.

Dari data sementara Dinas Sosial dan Penangulangan Bencana setempat, banjir telah merendam sejumlah titik ruas jalan raya, 52 mesjid, 11 sekolah, 35.092 rumah serta 8.282 hektare areal persawahan.

BACA JUGA: Diperiksa KPK, Panitera MK Bawa Berkas Pilkada Jayapura

Secara umum, banjir di Karawang terjadi akibat meluapnya sejumlah sungai besar yang ada di Karawang, seperti Sungai Citarum, Cibeet, dan Sungai Cilamaya.

Sungai-sungai itu tidak mampu menampung tingginya air sungai, sampai akhirnya air itu mengalir ke pemukiman warga, jalan raya, infrastruktur, dan sarana publik. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bahas KBS, Soekarwo dan Risma Temui Presiden


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler