Schalke 04 v Man United: Dobrak Tabu!

Selasa, 26 April 2011 – 09:19 WIB
GELSENKIRCHEN - Manchester United menjadi favorit di bursa taruhan untuk lolos ke final Liga ChampionsMereka diyakini mampu mengatasi wakil Jerman Schalke 04, termasuk saat tampil di Veltins Arena, kandang Schalke di Gelsenkirchen, pada first leg semifinal, dini hari nanti (siaran langsung RCTI pukul 01.30 WIB).

Bukan tanpa alasan United lebih dijagokan

BACA JUGA: Arema Incar Runner Up

Bicara reputasi, mereka memang unggul jauh ketimbang Schalke
United merupakan pemegang tiga gelar juara Liga Champions (1968, 1999, dan 2008), sementara Schalke belum pernah sampai di final.

Tapi, adalah pantang bagi Setan Merah - julukan United - untuk menganggap enteng lawan

BACA JUGA: Manajemen Deltras Malah Istirahatkan Pelatih

Pasalnya, Schalke lolos ke semifinal setelah menyingkirkan juara bertahan Inter Milan pada perempat final, dengan agregat meyakinkan 7-3
Sebelumnya, mereka juga menyisihkan Valencia di babak 16 besar.

Yang harus lebih diperhatikan lagi, manajer United Sir Alex Ferguson kerap kesulitan saat bertarung dengan klub asal Jerman di Liga Champions

BACA JUGA: LPI Sodorkan 41 Nama

Di luar sukses menekuk Bayern Munchen pada final Liga Champions 1999 dengan skor 2-1, United selalu kesulitan.

Bahkan, dalam dua semifinal menghadapi wakil Jerman, United selalu tersingkirItu terjadi pada semifinal 1997, ketika mereka dua kali kalah 0-1 di kandang maupun tandang, dari Borussia DortmundHal serupa terulang lagi di babak yang sama 2001 lalu.

Ketika itu, United bersua Bayer LeverkusenBermain di stadion kebanggaan Old Trafford, mereka ditahan imbang 2-2Kemudian pada laga berikutnya di kandang lawan, mereka hanya bermain imbang 1-1United pun harus kalah agregat gol tandang.

Musim lalu, mereka juga tersingkir dari Liga Champions oleh tim asal Jerman, yakni MuenchenUnited kalah 0-1 pada first leg di Allianz Arena, sebelum menang 2-1 di Old TraffordMereka harus tersingkir karena kalah agregat gol tandang"Tipikal Jerman," ketus Ferguson, seperti dikutip SI.

Yang dimaksud Ferguson adalah gaya pantang menyerah dan tangguh khas Jerman"Tim Jerman selalu tangguh dan memiliki determinasi yang hebatMereka akan mempertontonkan itu baik di kandang ataupun tandang," kata Ferguson, seperti dikutip Soccernet.

Hanya saja, Ferguson lebih yakin dengan skuadnya musim ini karena lebih berpengalamanPerpaduan antara pemain muda dan senior cukup solidHal itu yang menjadi kunci mereka tampil stabil di Premier League dan melaju ke semifinal Liga Champions.

Menantang Schalke kali ini, United yang jelas tidak bisa memainkan Dimitar Berbatov yang mengalami cedera pangkal pahaDengan begitu, duet Wayne Rooney dan Javier "Chicharito" Hernandez, akan menjadi tumpuan bagi lini depan United.

Kubu Schalke sendiri sama sekali tidak gentar dengan nama besar UnitedDer trainer Schalke, Ralf Rangnick, meyakini kalau mereka berpeluang untuk meng-Inter-kan United"Kami ingin menang di kandang dan tandang sekaligus," koar Rangnick, seperti dikutip Goal.

Rangnick mengakui, di semifinal mereka berstatus underdogPasalnya, tiga klub lainnya adalah klub dengan tradisi juara, seperti Real Madrid yang akan melawan Barcelona, begitu juga United"Saya tak tahu apakah status itu akan membantu kami," kata Rangnick.

Yang pasti, mereka mengaku tidak akan bermain defensif menghadapi United"Kami tidak ingin hanya bermain imbang tanpa gol, dan kemudian berharap mendapat gol tandangItu bukan tipe kamiKami ingin menang," ungkap mantan pelatih Hoffenheim itu.

Menjamu United, Schalke sendiri masih kehilangan Peer Kluge, Klaas-Jan Huntelaar, Christian Pander, Mario Gavranovic, Christop Moritz, dan Tim HooglandBenedick Howedes juga kurang fitTapi, Jefferson Farfan yang absen pada second leg perempat final, sudah bisa tampil(ham)

Perkiraan Pemain

Schalke 04 (4-4-2): 1-Neuer (g); 22-Uchida, 21-Metzelder, 4-Hoewedes, 2-Sarpei; 11-Baumjohann, 17-Farfan, 14-Papadopoulos, 18-Jurado; 9-Edu, 7-Raul
Pelatih: Ralf Rangnick

ManUnited (4-4-2): 1-Van der Sar; 21-Rafael, 15-Vidic, 5-Ferdinand, 3-Evra; 25- Valencia, 16-Carrick, 11-Giggs, 13-Park; 14-Hernandez, 10-Rooney
Pelatih: Sir Alex Ferguson

Lima Laga Terakhir
Schalke
23-04-11     Bundesliga             v Kaiserslautern (home)    0-1
16-04-11     Bundesliga             v Werder Bremen (away)    1-1
13-04-11     Liga Champions    v Inter Milan (home)            2-1
09-04-11     Bundesliga              v Wolfsburg (home)           1-0
05-04-11     Liga Champions    v Inter Milan (away)             5-2

Manchester United       
23-04-11     Premier League     v Everton (home)               1-0
19-04-11     Premier League     v Newcastle (away)           0-0
16-04-11     Piala FA                    v ManCity (netral)             0-1
12-04-11     Liga Champions    v Chelsea (home)              2-1
09-04-11     Premier League     v Fulham (home)                0-1

Bursa Asian Handicap
Schalke     v    Man United        1/4 : 0

BACA ARTIKEL LAINNYA... George Toisutta Legawa Dilarang FIFA


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler