Sebarkan Video Ancaman, Seorang Santri Ditangkap Polisi

Kamis, 17 Mei 2018 – 23:29 WIB
Densus 88. Iustrasi Foto: Jawa Pos Group/dok.JPNN.com

jpnn.com, TARAKAN - Polres Tarakan bersama tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menangkap seorang pria berinisial AS, 22, karena membuat video ancaman teror dan menyebarkannya di media sosial.

Kini pelaku yang diketahui sebagai salah seorang santri itu masih dalam pemeriksaan petugas.

BACA JUGA: Hari Ini, Seleksi Beasiswa Santri 2018 Dimulai

Kapolres Tarakan AKBP Yudhistira Midyahwan mengatakan, pelaku adalah santri yang menimba ilmu pada pesantren yang ada di Jawa Timur.

“Karena sakit, dia kembali ke Tarakan ke tempat ibunya,” kata Yudhistira ketika dikonfirmasi, Kamis (17/5).

BACA JUGA: Luncurkan Ummart, Jokowi Puji Business Feeling Santri

Menurut dia, buntut dari video yang dibuat pelaku, kepolisian setempat memperketat keamanan. “Penangkapan berlangsung pada Kamis dini hari,” imbuh dia.

Perwira menengah ini menambahkan, Brimob Polda Kaltara bersama TNI langsung melakukan penggeledahan di rumah kontrakan AS di Tarakan, Kalimantan Utara, pagi tadi.

BACA JUGA: Tolak Politisasi Agama, Ribuan Santri Dukung Jokowi

Sebelum menggeledah, tim gabungan melakukan sterilisasi guna mengantisipasi barang berbahaya, seperti bom.

Dalam penggeledahan polisi menemukan beberapa barang bukti yang ditayangkan di video, yakni sepucuk senjata api revolver, sebilah pisau, dan buku panduan jihad ISIS.

"Di lokasi ditemukan beberapa barang yang terkait video dan beberapa barang yang bisa digunakan sebagai petunjuk. Antara lain karpet, buku, bendera hitam dengan tulisan arab putih dan telepon genggam," urai dia.

Yudhistira menyebut Densus 88 saat ini melakukan pendalaman keterangan terhadap pelaku. Densus 88 sedang menggali apakah AS terasosiasi dengan jaringan teroris atau tidak. Saat ini pihak kepolisian juga mengamankan ibu AS.

"Sedang didalami rekan-rekan Densus, apakah dia terkait jaringan, apakah dia terkait pelaku yang lain atau kelompok mana, masih didalami. Belum dapat kami pastikan," tandas dia. (mg1/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cak Imin Ajak Santri Berperan Dalam Perpolitikan Nasional


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler