Sebegini Bantuan Kemanusiaan yang Dikirim Indonesia ke Turki dan Suriah

Selasa, 21 Februari 2023 – 12:36 WIB
Presiden Jokowi saat melepas pengiriman bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk korban gempa Turki dan Suriah, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (22/2). Foto: dok. BNPB

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia kembali mengirim bantuan kemanusiaan tahap ketiga untuk meringankan beban warga Turki dan Suriah yang terdampak gempa bumi M 7.8 pada 6 Februari 2023 lalu.

Bantuan tahap ketiga itu dilepas secara simbolis oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menlu Retno Marsudi, hingga Menhan Prabowo Subianto di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (22/2).

BACA JUGA: 2 WNI Terapis Spa di Turki Belum Bisa Dihubungi, Banyak Orang yang Mencari

Presiden Jokowi menyampaikan bantuan berupa bahan makanan dan logistik dengan total 140 ton itu adalah bentuk diplomasi kemanusiaan sebagai wujud kepedulian dari seluruh rakyat Indonesia terhadap pemerintah Turki dan Suriah.

"Diplomasi kemanusiaan terus menerus dilakukan oleh negara kita Indonesia. Dan pada pagi hari ini kita akan mengirimkan empat pesawat ke Turki dan ke Suriah yang berisi 140 ton bahan makanan dan bahan logistik lainnya yang sangat diperlukan di sana," ucapnya.

BACA JUGA: Korban Gempa Turki Terima Bantuan dari Gus Muhaimin dan PKB

Dukungan bantuan Indonesia untuk Turki dan Suriah tahap ketiga ini melengkapi bantuan yang telah dikirim sebelumnya.

"Sebelumnya juga telah kita kirim tim SAR dan tim medis serta rumah sakit lapangan plus pesawat hercules yang sangat membantu pada awal-awal evakuasi korban-korban bencana gempa yang terjadi di Turki maupun Suriah,” tutur Jokowi.

BACA JUGA: Seberapa Siap Polri Menerima Richard Eliezer sebagai Aset, bukan Musuh?

Presiden ketujuh RI itu berharap dengan dukungan bantuan yang dikirimkan tersebut nantinya dapat meringankan beban bagi warga Turki dan Suriah yang terdampak gempa bumi.

Seluruh bantuan itu diangkut menggunakan empat pesawat berbadan lebar milik maskapai Garuda Indonesia jenis Airbus A330-300. Dua pesawat akan terbang ke Turki? dan dua lainnya langsung ke Suriah.

Pengiriman bantuan itu juga dikawal Menko PMK Muhadjir Effendy, dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dan jajaran guna memastikan seluruhnya sampai di tujuan den??gan selamat dan diterima dalam kondisi baik.

"Sesuai arahan bapak Presiden, kami hari ini turut terbang ke Turki untuk memastikan bantuan kemanusiaan yang kita bawa dapat diterima dalam keadaan baik. Sehingga kemudian bantuan ini dapat segera diberikan kepada saudara-saudara kita di sana," kata Suharyanto.(fat/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler