Sebelum Diluncurkan, Sekolah Gratis Sumsel Diseminarkan

Rabu, 25 Maret 2009 – 10:53 WIB
PAPARAN - Alex Noerdin saat memberi paparan program sekolah gratis Sumsel di Seminar Nasional PPs UNJ, di Jakarta, Rabu (25/3). Foto: Agus Srimudin/JPNN.
JAKARTA - Sebelum launching atau diluncurkan Rabu (25/3) ini di Palembang oleh Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo, program sekolah gratis 12 tahun di Sumatera Selatan dipaparkan oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin, pada seminar nasional "Desentralisasi Pendidikan" di Ditjen Dikti Depdiknas, JakartaSeminar itu digelar atas prakarsa Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Jakarta.

"Ini janji kampanye saya dulu; kesehatan gratis dan pendidikan gratis

BACA JUGA: Disanksi, Larang Anak Sekolah

Upaya ini tidak mudah, tapi pasti bisa dilakukan bila mau kerja keras
Tidak mudah meyakinkan 11 bupati dan empat walikota se-Sumsel

BACA JUGA: Enam Provinsi Gratiskan Pendidikan

Lebih berat lagi meyakinkan 11 DPRD kabupaten, empat DPRD kota dan DPRD Provinsi Sumsel
Tapi alhamdulillah, berkat kebersamaan, kami bisa melakukan kesehatan gratis dan pendidikan gratis dari SD hingga SMA," ujar Alex, disambut tepuk tangan meriah ratusan hadirin.

Alex juga bercerita, bahwa ketika ia memimpin Kabupaten Muba, sekolah gratis dilaksanakan hingga akademi, antara lain lewat akademi kesehatan yang bertaraf internasional

BACA JUGA: MK Didemo BEM UI

"Menjawab pertanyaan peserta seminar tadi, saya ingin jelaskan bahwa sebenarnya kepala daerah itu bisa, dan harus berani memprogramkan kesehatan dan pendidikan gratisMemang sulit, tapi saya yakin bisaKalau tak bisa, mundur saja jadi pemimpin," cetus Ketua Asosiasi Bupati se-Indonesia itu.

Alex berharap, peresmian sekolah gratis dari SD hingga SMA di Sumsel ini bisa berjalan sukses dan lancar tanpa hambatan"Insyaallah, besok Pak Menteri akan me-launching sekolah gratis di Sumsel, dari SD sampai SMAProgram ini mulai diterapkan awal tahun ajaran baru nanti," papar Ketua Daerah Penghasil Migas tersebut.

Sekretaris Panitia Seminar Nasional PPs UNJ, Arwan Setiawan, kepada JPNN mengemukakan, bahwa selain Alex Noerdin, tampil juga sebagai pembicara dalam seminar itu Prof Thamrin Abdullah (Ketua Prodi Manajemen Pendidikan UNJ), Prof Bedjo Sujanto (Rektor UNJ), Prof Fasli Jalal (Dirjen Dikti Depdiknas RI), mewakili Menakertrans Erman Suparno, Prof Sujtipto (Guru Besar UNJ), serta Prof I Made Putrawan (Direktur PPs UNJ)(gus/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lahirkan Master Pertahanan Kelas Dunia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler