Sebelum Lengser, Inilah Perintah Jokowi kepada Para Menteri

Jumat, 13 September 2024 – 13:40 WIB
Presiden Jokowi saat bertolak ke IKN pada Kamis (12/9) pagi bersama rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta. Foto: dokumentasi Biro Pers Istana dan Media

jpnn.com - IKN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan lengser dari kursi RI 1 pada 20 Oktober 2024.

Sebelum lengser, Presiden Jokowi meminta para menteri untuk menyampaikan capaian-capaian pemerintah, pada sisa masa pemerintahan Kabinet Indonesia Maju.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Meminta Maaf kepada Seluruh Anggota Kabinet Indonesia Maju

Demikian disampaikan Sekretaris Kabinet Pramono Anung usai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna terakhir, yang diselenggarakan di Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Jumat (13/9).

"Bapak presiden memberikan arahan untuk para menteri mempersiapkan poin-poin utama yang akan disampaikan kepada publik, apa yang menjadi capaian selama 10 tahun pemerintahan," kata Pramono Anung.

BACA JUGA: Kekayaan Jokowi dari Wali Kota-Presiden RI Versi LHKPN, Hitung Sendiri Kenaikannya

Dia mengatakan para menteri diminta menyampaikan capaian-capaian pemerintahan sejak periode pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla hingga Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Poin-poin itu disiapkan termasuk blueprint untuk transisi pemerintahan, dari pemerintahan Pak Jokowi ke pemerintahan pak Prabowo Subianto," kata Pramono.

BACA JUGA: Komandan Relawan TKN Sebut Upaya Membenturkan Prabowo dengan Jokowi dan Gibran Kandas

Dikatakan, secara garis besar sudah disiapkan dan disepakati hal-hal yang akan disampaikan kepada publik.

"Sehingga dengan demikian mudah-mudahan dalam waktu satu bulan ini semua capaian pemerintah bisa dikomunikasikan, bisa disampaikan kepada masyarakat secara luas," jelasnya.

Lebih jauh dia menyampaikan hal-hal berkaitan dengan Kemenko Polhukam, Kemenko Perekonomian, Kemenko PMK, dan juga Kemenko Marinves, juga akan dikoordinasikan untuk memperdalam apa yang telah menjadi keputusan dalam Sidang Kabinet Paripurna.

Sedangkan terkait hal-hal yang menjadi prioritas untuk diselesaikan, Pramono menyebut di antaranya adalah persoalan-persoalan tertunda dan pekerjaan rumah menyangkut Program Strategis Nasional (PSN), transfer daerah, dan upaya menjaga ekonomi dalam masa transisi pemerintahan agar tetap bisa tumbuh di atas 5 persen dengan inflasi yang terjaga.

Adapun Pramono juga mengatakan bahwa Presiden terpilih Prabowo Subianto pada Sidang Kabinet Paripurna tersebut juga menyampaikan banyak hal termasuk isu-isu strategis terkini. (antara/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Jokowi   Presiden Jokowi   lengser   IKN  

Terpopuler