Sebelum Mendesain Rumah, Kenali Kepribadian dan Karaktermu Lebih Dulu

Kamis, 14 Januari 2021 – 06:06 WIB
Ilustrasi desain rumah sesuai karakter pemiliknya. Foto: Pixabay

jpnn.com - BEBERAPA orang kadang sulit memulai memutuskan bagaimana mendesain rumah mereka. Oleh karena itu, dalam hal ini bukan saja perencanaan yang matang, tetapi juga mengerti apa yang sesuai dengan kepribadian Anda.

Oke, sebelum melangkah lebih jauh kenalan dulu yuk dengan Myers-Birggs Type Indicator (MBTI) sebuah psikotes yang dibuat untuk mengukur preferensi psikologis orang dalam melihat dunia dan membuat keputusan dan tipe kepribadian seseorang.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Kisah Pilot Sriwijaya Air Kapten Afwan, Rizieq Terancam 10 Tahun Penjara, Rocky Gerung Angkat Suara

Jadi dalam MBTI ada 16 kepribadian, secara umum dibagi atas ekstrovert, introvert dan bagian lainnya yang menyebabkan perbedaan.

Jika saat ini masih sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai, mari langsung saja pada bagian pembahasannya secara umum. Pemilihan furniture sesuai dengan jenis kepribadian MBTI

BACA JUGA: Samsung Pamerkan Robot-Robot Pintar Asisten Rumah Tangga

ENFP

Dikenal sangat sifat playful dan antusias, dan mereka juga tidak takut untuk mengungkapkan itu semua. Dari karakteristik inilah memilih peralatan seperti kursi gantung bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya ini bisa membuat mereka terus bersemangat, sambil bisa memanfaatkannya untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan.

ADVERTISING
ADVERTISING

BACA JUGA: Banyak Polisi Stres, Perlu Psikotes Berkala

INFP

Merupakan pribadi yang suka melamun, dan biasanya mereka lebih suka menghabiskan banyak waktu untuk melakukan aktivitas individual.

Karakter ini cocok memiliki tempat tidur yang nyaman akan melengkapi kepribadian mereka. Jika suka tambahkan suasana lembut melalui pemasangan tirai jendela pada kamar tidur.

Sempurnakan keindahannya juga dengan karpet permadani yang berwarna netral. Perlengkapan ini sangat cocok untuk INFP yang gemar merenungkan isi pikiran dan perasaan mereka.

ENTP

Dinamis dan memikirkan langkah apa yang ingin diambil berikutnya sehingga disarankan untuk memilih furniture yang mungkin bisa diganti.

Misalnya saja memilih rak lipat yang dapat diletakan pada ruang tamu, atau ruang keluarga.

Perabot ini bisa dipindahkan sewaktu-waktu, dan cocok untuk INTP yang menginginkan sesuatu bisa bekerja dengan baik. Mereka juga menyukai furniture yang multifungsi dan bukan hanya berestetika.

INTP

Menjadi tipe kepribadian yang tidak suka membuat orang lain terkesan, gayanya yang apa adanya membuat mereka lebih memilih untuk sesuatu yang lebih jelas.

Biasanya mereka mempunyai kesukaan melakukan analisa atau melakukan penelitian, dalam hal ini mereka gemar memiliki sejumlah buku.

Tentunya memiliki rak buku bisa menjadi furniture yang tepat, selain untuk mengorganisir semua barang-barang yang ada ini juga membuat ruang terasa rapi. Tipe ini lebih menyukai segala sesuatu yang tidak menimbulkan kekacauan.

ESFJ

Merupakan tipe kepribadian yang suka menghibur, dan menyatukan orang lain. Karena jenis kepribadian inilah, memiliki sumber cahaya yang cantik seperti lampu gantung dekorasi sangat cocok digunakan saat duduk-duduk dan menghabiskan waktu berkualitas bersama orang yang tersayang.

Lampu merupakan penerangan yang membuat lantai ruangan terlihat lebih luas, dan tentunya menambah estetika.

ISFJ

Dikenal sebagai orang dalam kelompok yang membantu menyatukan semua orang, dan suka merasa aman juga nyaman. Terkadang orang tipe ini seringkali diremehkan oleh sebagian orang yang tidak mengenalnya.

Untuk jenis kepribadian ini karpet menjadi furniture yang tepat untuk ISFJ, pasalnya ini bisa menunjukkan kepribadian dengan cara yang halus. Sangat disarankan untuk memilih karpet yang tepat, berkualitas tinggi, dan tentunya bahan karpet yang baik, sehingga dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Cobalah untuk mempertimbangkan ukuran karpet besar, dengan warna yang tidak mencolok.

ESTJ

Menyukai rutinitas mereka dan seringkali membuat diri mereka cukup sibuk. Saat membuat pernyataan, mereka menginginkan sesuatu yang praktis dan juga menarik perhatian sehingga memilih jam yang terlalu besar sangat masuk cocok untuk jenis kepribadian ini.

Ini bisa membantu menjaganya sesuai jadwal dengan cara yang menyenangkan secara estetika.

Jika ingin menambah dekorasi tambahkan gorden yang sesuai dengan warna ruangan Anda. Pastikan untuk tetap harmonis dan sesuai.

ISTJ

ISTJ memiliki fokus yang kuat pada keluarga, tradisi, dan menjaga ketertiban. Cara apa yang lebih baik untuk mengingatkan diri mereka sendiri tentang hal-hal penting selain potret berbingkai besar tentang orang yang mereka cintai?

Mereka bisa mengaturnya pada bingkai besar atau kecil yang bisa disesuaikan dengan pernyataan yang ingin diberikan. Misalnya jika ingin menonjol gunakan frame berwarna terang, sedangkan untuk nuansa lembut gunakan warna lembut.

ENFJ

Mereka senang bergaul, sehingga berinvestasi pada tempat duduk menjadi pilihan yang tepat. Pilihlah sofa dengan warna cerah atau sedikit lebih besar jika ingin menjadikannya titik fokus pada ruangan.

Namun, pertimbangkan juga untuk menambahkan karpet bulu untuk menambah estetika. Karpet jenis ini merupakan pilihan karpet yang harus tidak selalu mudah saat pencocokannya sehingga pastikan untuk membangun koneksi dengan area sekitar.

INFJ

Suka berdiskusi dengan orang lain, tetapi mereka biasanya menghabiskan lebih banyak waktu di kepala mereka daripada kebanyakan tipe kepribadian lainnya sehingga memiliki bangku pada sudut ruangan, dapat menjadi furniture yang sempurna untuk mereka.

Sebagai alternatif cobalah untuk membuat area personal pada ruang makan menggunakan stool di sudut ruang. Memiliki personal space membuat tipe ini dapat menjelajah tanpa merasa dibatasi.
ESTP

Berani dan fleksibel. Mereka tidak suka berada di dalam rumah terlalu lama, dan jarang sekali memusatkan diri sebagai titik perhatian. Mereka juga biasanya mencari sesuatu yang dapat dengan mudah diubah atau disesuaikan.

Maka melihat hal ini dinding aksen benar-benar menghidupkan ide itu. Mereka bisa menggunakan warna yang tidak biasa atau wallpaper yang menarik untuk mengubah segalanya, atau jika mereka suka, berbagai jenis seni dinding juga cocok untuk tipe kepribadian ini.

ISTP

Dikenal sebagai pemecah masalah dan cenderung terlibat dalam banyak hal sekaligus. Mereka menyukai kepraktisan yang fungsional, misalnya perabotan yang berfungsi ganda sebagai penyimpanan tambahan. Selain itu kursi motif juga sangat cocok untuk tipe kepribadian ini.

ESFP

Mereka menikmati menjadi pusat perhatian dan membutuhkan ruang yang luas agar tetap terasa terbuka. Menambahkan sentuhan elegan seperti karpet dapat menjadi salah satu alternatifnya.

Dalam hal ini fungsi karpet bukan hanya menarik perhatian tapi juga menonjolkan kepribadian mereka.

Nah, itu hanya beberapa sedikit ulasan mengenai furniture apa yang pas dengan jenis kepribadian tertentu. Ini hanyalah referensi yang bisa Anda pertimbangkan kembali. Namun apapun pilihannya, percayakan semua pada Informa yang memberikan kemudahan pada penggunanya.

Read more...

Terpopuler