Segera Aktifkan Lagi Konsulat AS di Timur Tengah

Sabtu, 10 Agustus 2013 – 13:31 WIB

jpnn.com - SANAA - Sebanyak 18 dari 19 kantor kedutaan dan konsulat Amerika Serikat (AS) di kawasan Timur Tengah dan Afrika akan dibuka kembali pada hari Minggu atau Senin (12/8) mendatang. Sebelumnya, sejak Minggu (4/8) lalu pemerintah AS telah menutup kantor perwakilannya karena ancaman teror.

Seperti dilansir stasiun televisi Al Arabiya, Sabtu (10/8), rencana pembukaan kembali kantor kedutaan besar AS ini diungkapkan oleh seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS yang tidak disebutkan namanya. Namun, menurut pejabat itu, kantor kedutaan Amerika di Sanaa, ibu kota Yaman akan tetap ditutup.

BACA JUGA: Trauma Korban Bom Nuklir Belum Sirna

Keputusan pemerintahan Obama untuk menutup sejumlah kantor diplomatik di Timur Tengah pada pekan lalu sebagai respon atas ancaman serangan terorisme dari kelompok Al-Qaeda. Selain menutup kantor kedutaan, pemerintah AS juga memerintahkan evakuasi bagi warga negaranya yang berada di Yaman.

Perintah evakuasi ini dituangkan dalam sebuah surat "travel warning" resmi. Surat peringatan itu menyebutkan bahwa ada ancaman keamanan yang sangat tinggi di Yaman.

BACA JUGA: Istri Muhammad Mursi, Pimpin Demonstrasi

"Saat ini organisasi teroris termasuk Al Qaeda terus aktif beroperasi di wilayah Yaman," demikian isi salah satu bagian travel warning tersebut. (AP/dil/jpnn)

BACA JUGA: Pengangguran di Yunani Kembali Pecahkan Rekor

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wow, Kerbau di India Laku Rp 410 Juta


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler