Sehari, Pemkab Sumedang Boyong Dua Penghargaan Bergengsi

Selasa, 07 Desember 2021 – 21:29 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyerahkan penghargaan juara pertama KIJB 2021 kepada Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, Selasa (7/12). Foto: Humas Pemkab Sumedang

jpnn.com, SUMEDANG - Pemerintah Kabupaten Sumedang memboyong dua penghargaan bergengsi dalam sehari ini, Selasa (7/12).

Penghargaan pertama diterima Sumedang sebagai juara pertama pada Kompetisi Inovasi Jawa Barat (KIJB) 2021.

BACA JUGA: Ada Kopi dan Tahu Sumedang di Pusat Kuliner Bergengsi Thamrin 10 Jakarta

Penghargaan dalam ajang bergengsi itu diserahkan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum kepada Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir di Harris Hotel and Convention Citylink Bandung.

Aplikasi e-Office yang merupakan super aplikasi yang memuat fitur lengkap membantu ASN dalam menjalankan tugas kesehariannya telah mengantarkan Sumedang meraih juara pertama pada KIJB 2021.

BACA JUGA: Kunjungi Sumedang, Bupati Organ Ilir Tertarik Adopsi SPBE dan e-Office

"E-Office merupakan super aplikasi yang memuat fitur lengkap bagi ASN dalam menunjang pelaksanaan tugas kesehariannnya mulai dari absensi digital yang dilengkapi fitur maps, tanda tangan digital, fitur WFH, surat menyurat elektronik, data kepegawaian, sampai laporan harian," kata Bupati Dony usai menerima penghargaan tersebut.

Selain e-Office, Pemkab Sumedang juga menyertakan aplikasi lain yang memiliki tujuan sama yakni aktualisasi ASN dalam memberikan pelayayanan terbaik kepada masyarakat pada KIJB tahun ini.

BACA JUGA: Inovasi i-Simpati Antar Sumedang Raih Penghargaan Pencegahan Stunting

"Aplikasi Sipedo masuk Top 23 pada KIJB 2021," sebut mantan Anggota DPR itu.

Aplikasi Sipedo atau Sistem Informasi Pelatihan Berbasis Data Online diciptakan memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi program pelatihan kerja di BLK Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumedang.

 "Semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Pemda Sumedang dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," harap Bupati Dony.

Penghargaan bergengsi berikutnya diterima Sumedang, yaitu Juara Keempat Nasional dalam Anugerah Meritrokasi 2021 dengan kategori sangat baik.

Penghargaan tersebut diserahkan Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto kepada Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan di The Westin Grand Ballroom, Surabaya.

Sekretaris Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sumedang Kusman Diana menyampaikan Sumedang meraih posisi keempat nasional dengan nilai 328,5 setelah mengikuti serangkaian tahapan penilaian.

Ketua KASN Agus Pramusinto mengatakan, penilaian Sistem Merit menggambarkan kondisi nyata pengelolaan SDM atau ASN berkualitas yang dilakukan instansi pemerintah.

“Penerapan Sistem Merit dalam manajemen ASN diharapkan dapat memicu perubahan mendasar manajemen ASN ke arah yang lebih baik, karena kualifikasi, kinerja, dan  kompetensi secara adil tanpa diskriminasi,” jelas Agus Pramusinto.

Wabup Erwan Setiawan berharap capaian Kabupaten Sumedang dalam Anugerah Meritrokasi 2021 menjadi motivasi bagi seluruh ASN agar lebih semangat dalam bekerja.

"Semoga ini menjadi penyemangat bagi ASN untuk memberikan yang terbaik dalam berkinerja sehingga ditempatkan sesuai dengan kompetensi, kualifikasi dan prestasi kerja," ujarnya. (mrk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Selamat, Dua Inovasi Andalan Sumedang Masuk Top 23 di Ajang KIJB 2021


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler