Sejumlah Balita Dicakar-cakar Monyet Liar

Sabtu, 15 Agustus 2020 – 10:24 WIB
Ilustrasi kawanan monyet masuk ke permukiman warga. Foto: ANTARA/Dok Warga Lembang

jpnn.com, BREBES - Serangan monyet liar kembali meresahkan warga Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Brebes.

Terakhir, Jumat (14/8) pagi seorang balita di Banjarharjo kembali diserang oleh seekor monyet.

BACA JUGA: Lihat, Monyet Liar Masuk Permukiman Warga, Ada yang Mati

Kepala Desa Malahayu Sutari membenarkan terkait penyerangan tersebut. Menurutnya, itu untuk yang keempat kalinya dilakukan oleh monyet yang sama.

"Iya ada lagi (penyerangan monyet). Sebelumnya beberapa pekan lalu juga ada tiga balita yang diserang," ujarnya.

BACA JUGA: Aparat Masuk ke Tempat Karaoke, Ada yang Lagi Asyik, Lihat Sendiri

Menurutnya, pihaknya telah melakukan berbagai upaya dalam menangkap monyet tersebut.

Hanya saja, monyet sangat agresif dan sulit ditangkap hingga sekarang.

"Kami sudah bekerjasama dengan ormas dan BPBD, Damkar dan Perbakin untuk memburunya," terangnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Kapolsek Banjarharjo Iptu Budi Utomo. Pihaknya mendapatkan laporan bahwa ada seorang balita yang kembali diserang oleh seekor monyet.

"Iya benar. Sepertinya monyet yang nyerang itu sama dengan beberapa waktu lalu," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, informasi yang didapat di lapangan, monyet liar berjenis kelamin jantan ini kerap muncul secara tiba-tiba di tengah permukiman warga.

Mereka mengincar anak-anak yang tengah bermain tanpa pengawasan orang tua bahkan kerap nyelonong masuk ke rumah warga yang memiliki balita.

Salah satunya dialami Putra, seorang balita berusia satu tahun anak pasangan Dadang (27) dan Karmila (25). Dadang menyebut anak itu diserang monyet liar pada Kamis (9/7).

"Kejadian sekitar pukul 14.00 WIB. Anak saya berada di dalam rumah dan istri lagi di belakang. Anak berada di dekat pintu tapi di situ ada lubang kecil. Jadi meski pintu rumah dikunci tapi tangan monyet bisa masuk dan menarik kakinya hingga keluar dari lubang," kata Dadang.

Akibat insiden ini, anaknya itu mengalami luka di jari kakinya. Anaknya bahkan mendapat empat jahitan akibat serangan monyet liar itu.

Tak hanya Putra, ada juga balita lain berusia empat tahun anak dari Carma (39) dan Royanah (44) yang diserang kera liar. Revalina diserang monyet saat bermain tanah di depan rumahnya, Senin (13/7) siang.

"Saya sempat nemenin dia main, karena takut kalau ditinggal sendirian. Terus saya tinggal sebentar buat matiin kompor, tahu-tahu anak saya lagi dicakar-cakar," ujarnya.

"Badan monyet lebih besar dari anak saya. Anak saya posisi di bawah kaki monyet dan dicakar sampai luka-luka," lanjutnya. (ded/ima/radartegal)


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler