Sejumlah Kejanggalan Kasus Ribuan e-KTP Tercecer di Jalan

Senin, 28 Mei 2018 – 07:28 WIB
E-KTP. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi II DPR RI Achmad Baidowi mengatakan, kasuis ribuan e-KTP yang tercecer di Jalan Raya Salabenda, Desa Parakansalak, Kemang, Bogor, Jabar, Sabtu (26/5), merupakan kejadian aneh dan mengejutkan.

Banyak yang janggal. “Kenapa e-KTP itu bisa tercecer. Ini yang menjadi pertanyaan kita semua,” tanyanya, Minggu (27/5). Apalagi, identitas penduduk yang tercantum kartu itu bukan beralamat Jawa Barat.

BACA JUGA: Ribuan E-KTP Tercecer, Mendagri Sebut Ada Upaya Sabotase

Bagaimana bisa e-KTP beralamat di Sumsel bisa ke Bogor. Sebuah jaraknya yang tidak dekat. Kejanggalan itu sulit dijawab. Tidak mungkin alasannya, karena proses pencetakan. Sebab, pencetakan dilakukan di daerah masing-masing, bukan antarprovinsi. “Itu yang tidak masuk akal,” ungkap dia.

Dia juga mempertanyakan apakah satu truk itu berisikan e-KTP semua?. Terus, paparnya, mau dibawa ke mana kartu elektronik tersebut?. Kejanggalan itu yang harus dijelaskan pemerintah, khususnya Kemendagri yang bertanggung jawab atas pencetakan e-KTP.

BACA JUGA: Kasus Temuan Ribuan e-KTP Segera Dirilis

BACA JUGA: Ribuan E-KTP Tercecer, Mendagri Sebut Ada Upaya Sabotase

Legislator asal Madura itu berharap tidak ada kepentingan politik dalam peristiwa itu. Menurut dia, sekarang sudah masuk tahun politik. Jadi, jangan sampai masalah e-KTP menjadi komoditas politik yang dimanfaatkan suatu kelompok untuk memenangkan pertarungan politik.

BACA JUGA: e-KTP Berceceran, Anak Buah Prabowo Curigai Pemilih Siluman

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya meminta agar Kemendagri segera melakukan penelusuran terhadap kasus tersebut. Lembaga itu juga harus mengecek apakah e-KTP itu asli atau palsu. “Jangan ada yang menyalahgunakan e-KTP,” ungkap mantan wartawan itu. (lum/agm)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... e-KTP Tercecer, PPP: Kemendagri Jangan Sampai Kecolongan


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler