Sejumlah Pemda Galang Dana untuk Korban Gempa

Kamis, 01 Oktober 2009 – 18:17 WIB

JAKARTA - Rasa turut prihatin dan simpatiatas penderitaan warga Sumbar yang menjadi korban gempa semakin meluasSejumlah pemerintah Daerah (Pemda) Pemerintah Kota Jakarta Selatan, bekerjasama dengan Komunitas Pengusaha dan Masyarakat Jakarta Selatan mendirikan Posko Bantuan Bencana Alam Gempa Bumi Sumatera Barat yang terjadi Rabu (30/09) pukul 17.19 WIB dengan kekuatan 7,6 pada SR.

"Tadi sudah diambil kesepakatan antara Pemko Jakarta Selatan dan Komunitas Pengusaha dan Masyarakat Jakarta Selatan membentuk posko bersama korban bencana alam Sumatera Barat," ujar Syahrul Effendi, di dampingi Humas Posko Bencana Alam, Firdaus Effendi, usai rapat koordinasi penanggulangan bencana alam di Balai Kota Jakarta selatan, Kamis (1/10).
 
Semenjak adanya kesepakatan tersebut, lanjut Syahrul Effendi SH, kita secara terkoordinir telah melakukan aksi sosial pengumpulan dana baik kepada pengusaha maupun warga yang berdomisili dalam kawasan Jakarta Selatan.
 
Selain itu, juga akan dikirim para relawan ke Kota Padang dan Pariaman guna menginventarisir kebutuhan yang diperlukan oleh korban bencana alam

BACA JUGA: Perantau Padang Buka Rekening Bantuan

"Dari hasil inventarisir relawan tersebut maka kami akan berupaya memenuhi kebutuhan korban bencana alam secara optimal
Dan kepada semua relawan saya sudah instruksikan agar sekecil apapun bantuan masyarakat harus kita sampaikan kepada yang berhak dan para relawan tidak dibenarkan menggunakan dana sumbangan sepersen pun," tegasnya.
 
Dijelaskannya, seluruh biaya operasional untuk gerakan sosial ini baik yang di Jakarta maupun di Kota Padang dan Pariaman bersumber dari pribadi yang terlibat dalam aksi sosial ini

BACA JUGA: Kejaksaan Kembalikan BAP Ari Muladi ke Polisi

"Sumbangan donatur sama sekali tidak boleh dipakai untuk operasional.
Kota Surabaya

Sementara itu, Pemko Surabaya dan perantau Minang yang tergabung dalam keluarga besar Gebu Minang Jawa Timur juga melakukan hal serupa
Bertempat di Kantor Balaikota Surabaya, Walikota Surabaya Bambang DH secara khusus melakukan pertemuan dengan pengurus Gebu Minang Jawa Timur guna merumuskan langkah-langkah yang akan diambil dalam waktu dekat untuk meringankan beban korban bencana gempa bumi.
 
"Atas nama warga dan pemerintah Kota Surabaya, kami menyatakan turut berduka dan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas musibah yang menimpa saudara-saudara kami di Sumatera Barat," ujar Bambang DH, melalui telepon genggamnya.
 
Dia tambahkan, saat ini Pemerintah Kota Surabaya, melalui Pengurus Gebu Minang Jawa Timur juga telah memberikan bantuan dana awal sebanyak Rp25 juta

BACA JUGA: YBM BRI Kirim 15 Relawan Medis

Bantuan susulan yang kita harapkan dari masyarakat sedang kami himpun bersama Gebu Minang Jawa Timur.
 
Sedang Ketua Umum Gebu Minang Jawa Timur, Ir Firdaus HB menambahkan sebagai langkah awal, saat ini kami bersama Gebu Minang Jawa Timur sudah membentuk Posko Bantuan Bencana Alam di Rumah Gadang Jawa Timur yang terletak di Jalan Gayung Kebonsari No 64 Surabaya  dan membuka rekening di BCA dengan Nomor 1000192291 atas nama Hj Sumarni SE dan di Bank Mandiri dengan Nomor Rekening 1400006191036 atas nama H Al Indra.
 
Sama halnya dengan Pemko Jakarta Selatan, Pemko Surabaya dan Gebu Minang Jawa Timur yang dipimpin langsung oleh Firdaus HB segera bertolak ke Sumbar untuk melakukan inventarisir secara komprehensif agar bantuan ke depan bisa terlaksana secara efektif dan bermanfaat bagi Sumatera Barat.

Di Kota Bekasi juga berlangsung rapat mendadak antara Pengurus Ikatan Keluarga Minang Bekasi (IKM-Bekasi) dan unsur pemko"Pak Wali Kota tadi pagi memberikan arahan agar IKM Bekasi segera rapat dan membahas rencana bantuan untuk Sumatera Barat," kata Koordinator Posko Bantuan, Narlisman.
 
Dia tambahkan, selain memutuskan untuk membangun posko bantuan bencana alam, Walikota Mochtar Muhamad juga menginstruksikan agar ada tim khusus yang segera berangkat ke Kota Padang dan Pariaman serta beberapa kabupaten dan kota lainnya yang terkena musibah.
 
"Selain itu Walikota juga meminta agar semua industri yang terletak dalam wilayah Kota Bekasi juga memberikan perhatian atas musibah yang menimpa Sumatera BaratIni sama sekali tidak mengikat, tapi lebih kepada upaya menyentuh rasa kemanusiaan diantara para pengusaha," kata Narlisman, mengutip pernyataan Walikota Bekasi.
 
Di tempat yang sama, Ketua Umum IKM Bekasi, Tjandra Utama Effendi menegaskan bahwa respon positif yang diberikan oleh Walikota Bekasi Mochtar Muhamad terhadap Sumatera Barat didorong oleh tiga halPertama beliau sosok yang sangat peduli terhadap berbagai kesulitan yang menimpa masyarakat, lalu memberikan contoh kepada seluruh aparat pemerintah Kota Bekasi agar jangan hanya punya peduli terhadap warga sekitar dan yang ketiga terkait dengan posisi beliau sebagai Mamak Rang Minang di Bekasi dan sekitarnya(fas/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Densus Amankan Pria Nekat di RS Polri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler