Sejumlah Permintaan Jokowi ke Jepang, Apa Saja?

Selasa, 26 Juni 2018 – 05:18 WIB
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono, di Istana Merdeka. (Foto: Biro Pers Setpres/Jpnn)

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (25/6). Kedatangan Taro Kono dalam dialog strategis dengan Menlu RI Retno P Marsudi.

Tahun ini juga merupakan momen khusus mengingat Indonesia dan Jepang merayakan 60 tahun hubungan bilateral.

BACA JUGA: 53 Hari Lagi Asian Games, Ini Persiapannya

Pertemuan Jokowi dengan Taro Kono diawali dengan menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan Jepang terkait pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB periode 2019-2020.

"Indonesia akan berusaha secara maksimal untuk memberikan kontribusi bagi perdamaian dunia," kata Jokowi.

BACA JUGA: Jokowi Bakal Kunjungi Pelatnas Asian Games

Mengenai hubungan bilateral kedua negara, Presiden Ketujuh RI memandang bahwa Jepang merupakan mitra strategis bagi Indonesia. Dia berharap ke depan Indonesia-Jepang dapat saling meningkatkan kerja sama di berbagai bidang.

"Tahun ini kita memperingati 60 tahun hubungan bilateral. Peringatan ini harus dijadikan momentum baru penguatan kerja sama di berbagai bidang," ucapnya.

BACA JUGA: PAN Tidak Benci Jokowi, Cuma...

Jepang sendiri merupakan negara yang banyak menanamkan investasi bidang ekonomi di Indonesia. Pada 2017 lalu tercatat bahwa Negeri Matahari Terbit telah menanamkan investasinya tidak kurang dari USD 5 miliar di tanah air.

"Selama pemerintahan saya pembangunan infrastruktur dilakukan secara intensif. Saya senang Jepang menjadi bagian dari pembangunan infrastruktur di Indonesia," kata mantan wali kota Surakarta itu.

Selain infrastruktur, Jepang juga diharapkan meningkatkan kerja sama untuk pengembangan perikanan terpadu terutama di pulau terluar seperti di Sabang dan Morotai. Sekaligus menjadikan Indonesia sebagai basis produksi manufaktur untuk pasar Asia.

"Saya juga berharap Jepang dalam meningkatkan kerja sama pengembangan produksi baterai lithium dan mobil listrik," imbuhnya.

Mengakhiri pembicaraannya, Presiden mengajak Jepang memberikan dukungan penuh dalam menyukseskan gelaran Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang.

Dalam pertemuan kali ini, Presiden didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Utusan Khusus Presiden RI untuk Jepang Rachmat Gobel serta Dubes RI untuk Jepang Arifin Tasrif. (fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tokoh Paramasuka Usulkan Cawapres untuk Jokowi


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler