Sekdes Jadi Otak Perampokan Tauke Sawit di Merangin

Sabtu, 06 Oktober 2018 – 17:15 WIB
Pelaku kriminal yang tertangkap dan diborgol. Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAMBI - Polisi berhasil mengungkap dalang perampokan tauke sawit yang terjadi pada 30 November 2017 lalu di Kecamatan Tabir Selatan, Kabupaten Merangin.

Tiga tersangka yang sebelumnya DPO sudah ditangkap. Ketiga pelaku yakni HP, 35, warga Kecamatan Margo Tabir, SN, 35, warga Musi Rawas dan AM, 40, warga Desa Mensango yang merupakan Sekretaris Desa Mesango.

BACA JUGA: Sungai Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir di Merangin

Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Kuswahyudi Tresnadi, saat dikonfirmasi membenarkan penangkapan ini. Kata Dia, ketiganya kini diamankan di Mapolres Merangin.

“Iya, sekarang para pelaku diamankan di Polres Merangin untuk proses pemeriksaan lebih lanjut,” ujar AKBP Kuswahyudi Tresnadi, kepada wartawan, kemarin (4/10).

BACA JUGA: Mau Nyalip, Pemotor Tewas Tabrak Truk Colt Diesel

Dari hasil pemeriksaan, kata Dia, otak pelaku dalam perampokan yang berhasil membawa kabur uang puluhan juta rupiah ini adalah AM yang merupakan Sekdes.

Menurutnya, Sekdes bertugas sebagai penggambar lokasi yang ingin dirampok. Nantinya jika situasi benar-benar aman, maka diinformasikan kepada pelaku lainnya.

BACA JUGA: Dor! Bandar Narkoba Keok Ditembak Polisi

“Jadi Dia ini otak dalam perampokan. Semuanya sudah diatur,” jelasnya.

Lebih lanjut mantan Kapolres Tanjab Barat, ini menjelaskan, pengungkapan gembong perampokan ini bermula dari penangkapan SN. Dia diamankan ketika sedang berada di rumahnya.

Saat penangkapan, Dia mencoba melarikan diri. Namun, petugas yang tidak ingin kecolongan, langsung melumpuhkan SN dengan timah panas.

Setelah diperiksa, barulah didapat dua orang lainnya. Berikutnya, petugas menggerebek rumah tersangka HP. Hal serupa terjadi, yang bersangkutan berusaha kabur.

“Petugas melepaskan tembakan peringatan tidak dihiraukan. Jadi dilakukan tindakan tegas dan terukur dengan melumpuhkannya,” bebernya.

Tersangka terakhir yang diamankan yakni AM. Dia dibekuk di rumahnya. Dia juga berusaha kabur saat penangkapan. Namun, dilumpuhkan dengan timah panas. (pds)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dua Penambang Emas Tanpa Izin Tewas Tertimbun Longsor


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler