Sekjen PDIP Dianggap Seniman Berperan Merenovasi Gedung Pertunjukan WOB Lebih Modern

Sabtu, 09 September 2023 – 21:49 WIB
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Gedung Pertunjukan WOB, Jakarta Pusat, Sabtu (9/9). Dokumen DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Paguyuban Wayang Orang Bharata (WOB)Teguh Kenthus Ampiranto mengatakan sosok Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto punya peran membuat Gedung Pertunjukan WOB lebih modern setelah proses renovasi.

"Ya, atas arahan (Sekjen) mungkin, nggeh, dari Pemda DKI, jadi akhirnya direnovasi," kata dia ditemui di Gedung Pertunjukkan WOB, Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (9/9).

BACA JUGA: TNI AL Gelar Pergelaran Wayang Orang ‘Pandowo Boyong’, Kadispenal Beri Penjelasan, Simak

Dia juga tidak lupa berterima kasih kepada Hasto yang berperan membuat Gedung Pertunjukan WOB lebih modern.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Hasto yang mau membantu Paguyuban WOB agar bisa tampil menunjukkan karya.

BACA JUGA: Lestarikan Budaya Nusantara, TNI AL Gelar Doa Bersama dan Wayang Orang

"Paling tidak kami bisa berkarya, memang belum rutin Wayang Orang Bharata setiap pekan main, paling tidak seperti malam ini Mas Hasto, kami jadi bisa main lagi," kata Kenthus.

Diketahui, pagelaran wayang orang di Gedung Pertunjukan WOB sempat berhenti selama era pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Gelar Wayang Orang Cupu Manik Astagina, PDIP tak Pernah Bosan Menggelorakan Mencintai Budaya

Kenthus mengatakan Hasto kerap memberikan bantuan sehingga wadah wayang orang yang dikelolanya bisa sedikit bernapas.

"Bantuan Mas Hasto waktu itu jelas untuk pemain ditanggung. Waktu itu Mas Hasto dengan PDI Perjuangan juga membantu kostum pengrawit yang warna merah. Dahulu kami tidak punya, akhirnya dibelikan juga," kata dia.

Kenthus mengharapkan Hasto tidak melupakan Wayang Orang Bharata seperti bisa membantu soal kelengkapan penunjang pageralan.

"Semoga ke depannya bisa lebih rutin dan ke depan apa yang dibutuhkan Bharata bisa diperhatikan Mas Hasto," kata Kenthus.

Sementara itu, Hasto mengatakan PDIP melalui fraksi partai berlambang Banteng moncong itu memang mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk merenovasi Gedung WOB.

Dia mengatakan usul itu datang setelah Fraksi PDIP di DPRD DKI Jakarta mendengar aspirasi para seniman yang ingin bangunan lebih representatif mempertontonkan kegiatan seni.

"Di mana gedung ini atas aspirasi para seniman saat itu menyampaikan kepada PDI Perjuangan untuk dilakukan renovasi," ujar dosen Universitas Pertahanan (Unhan) itu, Sabtu.

Hasto kemudian mengatakan pagelaran seni pada Sabtu ini setelah Gedung WOB direnovasi akan mempertontonkan lakon Wahyu Makutharama.

Dia mengatakan lakon Wahyu Makutharama menjelaskan tentang falsafah yang perlu dimiliki seorang pemimpin seperti mampu mengentaskan kemiskinan.

Menurut Hasto, Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo menjadi figur yang mampu mengukir prestasi untuk mengentaskan kemiskinan selama menjadi Gubernur Jawa Tengah.

"Bagi PDI Perjuangan ini ditujukan buat Bapak Ganjar Pranowo yang telah menyelesaikan tugasnya di Jawa Tengah sebagai gubernur dua periode yang mengukir banyak prestasi khususnya untuk mengentaskan kemiskinan memperkuat peningkatan kualitas SDM dan berbagai program-program prorakyat lainnya," kata pria kelahiran Yogyakarta itu.

Adapun, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri turut menyaksikan secara daring lakon Wahyu Makutharama melalui siaran di YouTube.

Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Hendrar Prihadi atau Hendi dan Tarzan Srimulat turut menghadiri lakon Wahyu Makutharama. (ast/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kemendikbud Bawa Wayang Orang ke Jerman


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler