Sekjen PKS: Muswil dan Musda 2020 Virtual Serentak Sebuah Terobosan

Sabtu, 26 Desember 2020 – 15:16 WIB
Sekjen DPP PKS Habib Aboe Bakar Al Habsy. Foto kiriman DPP PKS.

jpnn.com, JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera atau PKS bikin terobosan dengan menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) dan Musyawarah Daerah (Musda) selama dua hari berturut-turut pada Minggu dan Senin, 27-28 Desember 2020.

Muswil dan musda ini menjadi istimewa dari sebelumnya karena diadakan secara virtual dan serentak pada waktu yang bersamaan di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Mardani PKS: Saya Khawatir, Karena Budi Gunadi Sadikin Ini Pengusaha

Sekjen DPP PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi mengatakan, langkah ini diambil untuk menyiasati kondisi pandemi COVID-19 yang masih belum berakhir.

“Sampai saat ini kita masih pada masa pandemi COVID, sehingga pertemuan fisik dengan dalam jumlah yang banyak kita hindari," kata Habib Aboe, Sabtu (26/12).

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Agus Dikirim ke Akhirat, Gus Yaqut Langsung Bicara, Ya Ampun, Syiah

Keterbatasan pertemuan fisik di masa pandemi itu mendorong PKS melaksanakan kegiatan ini secara serentak di waktu bersamaan secara daring menggunakan teleconference.

"Ini adalah terobosan agar protokol kesehatan tetap terjaga dan mekanisme organisasi tetap berjalan sebagaimana mestinya," ungkapnya.

BACA JUGA: 16 Tahun Tsunami Aceh, Begini Kondisi Rian bersama Istri dan 2 Anaknya

Peserta Muswil dan Musda pun terbagi menjadi dua, yaitu yang hadir secara fisik dan virtual. Kegiatan utama berada di DPP PKS yang dihadiri secara terbatas oleh para pimpinan partai, mulai Presiden PKS, sekjen, bendum, ketua MPP, dan lainnya.

Agenda utama dari Muswil dan Musda ini adalah melakukan pergantian kepengurusan di tingkat wilayah/provinsi dan kabupaten/kota.

"Setelah kemarin dilaksanakan pergantian kepemimpinan di tingkat pusat melalui Munas kelima, ini adalah suksesi kepemimpinan PKS di tingkat wilayah," jelas anggota Komisi III DPR itu.

Habib Aboe menyebutkan, nantinya akan ada pidato politik Presiden PKS Ahmad Syaikhu dengan tema 'Songsong Kemenangan 2024 dengan Mewujudkan Kepemimpinan yang Tangguh" di level nasional hingga daerah.

Meskipun dilakukan secara daring, seluruh rangkaian kegiatan Muswil dan Musda ini dilaksanakan sebagaimana mestinya. Bagi yang terpilih sebagai dewan pimpinan tingkat wilayah (DPTW) akan dilantik oleh Presiden PKS pada 27 Desember 2020.

Sementara bagi kader yang terpilih sebagai dewan pimpinan tingkat daerah (DPTD) akan dilantik oleh ketua DPP PKS Bidang Pembinaan Wilayah masing-masing.

Setelah pelantikan, agendanya adalah membahas amanat Muswil dan Musda, rencana kerja, serta rencana anggaran.

"Seluruh rangkaian Muswil dan Musda dilaksanakan sesuai panduan yang ditetapkan oleh partai," pungkas ketua Mahkamah Kehormatan DPR itu.(boy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler