Sekjen Pusat ASEAN-Tiongkok Bertemu Perwakilan Indonesia, Ini yang Dibahas

Sabtu, 04 Maret 2023 – 09:43 WIB
Sekjen Pusat ASEAN-Tiongkok Bertemu Perwakilan Indonesia, Ini yang Dibahas. Foto: dok. ASEAN

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pusat ASEAN - Tiongkok, Shi Zhongjun mengatakan bahwa pihaknya terus berkomitmen untuk mempertahankan multilateralisme dan regionalisme terbuka.

Mereka juga bersedia mendukung Indonesia secara aktif dalam melaksanakan tanggung jawab sebagai ketua bergilir dan berupaya membangun pusat pertumbuhan ASEAN.

BACA JUGA: Kominfo Gelar Workshop Menghadapi Fake News & Disinformasi di Negara Anggota ASEAN

Pusat ASEAN - Tiongkok juga berharap dapat bekerja sama dengan negara-negara anggota, termasuk Indonesia, untuk mengimplementasikan konsensus penting yang dicapai.

"Membantu kawasan ASEAN pulih dari epidemi, meningkatkan pertukaran budaya, saling belajar, dan menambah vitalitas baru bagi pengembangan kemitraan komprehensif," kata Shi Zhongzun, dalam keterangannya, Sabtu (4/3).

BACA JUGA: Uni Eropa Punya Euro, Perlukah ASEAN Punya Mata Uang Bersama?

Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN Sidharto R. Suryodipuro mengatakan bahwa Indonesia, sebagai ketua bergilir tahun ini sangat mementingkan peningkatan kerja sama praktis dengan Tiongkok.

Menurut dia, Kementerian Luar Negeri Indonesia akan terus mendukung kerja Pusat ASEAN-Tiongkok.

BACA JUGA: China Mitra Penting ASEAN di Era Keketuaan Indonesia

Dia juga berharap dapat memanfaatkan platform milik pusat untuk mempromosikan lebih banyak kerja sama antara ASEAN dan Tiongkok di berbagai bidang.

"Mulai kerja sama ketahanan pangan, kesehatan masyarakat, energi bersih, transformasi digital, keuangan stabilitas, dan pertukaran pemuda," kata Sidiharto.

Wakil Tetap RI untuk ASEAN, H.E. M.I. Derry Aman menambahkan tema tahun ini sebagai 'ASEAN Matters: Epicentrum of Growth'.

Dia berharap dapat bekerja sama dengan mitra dialog termasuk Tiongkok untuk terus mendorong pembangunan komunitas ASEAN, menyelaraskan strategi pembangunan semua pihak.

Kemudian, memimpin epidemi global pasca-pemulihan dan secara efektif meningkatkan mata pencaharian dan kesejahteraan masyarakat.

"Perwakilan Tetap ASEAN sangat mementingkan dan secara aktif mendukung pembangunan dan pengembangan pusat, dan berharap dapat bekerja sama untuk melakukan upaya yang gigih dan berkontribusi pada kemajuan yang stabil dari kemitraan strategis komprehensif," tuturnya. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler