Sekolah Hanya Punya 3 Guru PNS, 1 Honorer, Prajurit TNI Turun Tangan

Selasa, 28 Januari 2020 – 08:48 WIB
Prajurit TNI mengajar di SD YPK Pengharapan Forwasi Wallay, Distrik Senggi, Kabupaten Keerom, Papua, Senin (27/01/2020). Foto: ANTARA /HO-Pendam XVII/Cenderawasih

jpnn.com, JAYAPURA - Prajurit TNi yang bertugas di wilayah perbatasan masuk ke ruang-ruang kelas di sekolah untuk mengajar, bukanlah hal yang baru.

Seperti dilakukan Prajurit TNI AD dari satgas pamtas RI-PNG Yonif Raider 509 Kostrad yakni Dankima Pos Kotis Kapten Inf Sujito.

BACA JUGA: Ratusan Honorer K2 Dilantik jadi PNS, Selamat Bertugas!

Dia menjadi guru bantu di SD YPK Pengharapan Forwasi Wallay, Distrik Senggi, Kabupaten Keerom, Papua, Senin (27/1).

"Kami mengamati bahwa salah satu kendala yang dihadapi sejumlah sekolah yang ada di perbatasan adalah kurangnya tenaga guru atau tenaga pendidik," katanya ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Papua, Senin malam.

BACA JUGA: Menurut Maskur, Sebenarnya Masalah Honorer K2 Bisa Tuntas 6 Bulan

"Sehingga proses atau kegiatan pembelajaran terhambat. Bertolak pada hal tersebut, saya berinisiatif untuk membantu pelaksanaan proses belajar mengajar di SD YPK Pengharapan Forwasi Wallay dengan terjun langsung untuk mengajar,” katanya.

Kapten Inf Sujito menuturkan bahwa dirinya secara langsung datang dan membantu mengajar murid-murid SD, sebagai wujud perhatiannya akan dunia pendidikan, dan melihat secara langsung kondisi siswa/i di sekolah tersebut.

BACA JUGA: Biasa Belanja saat Gelap, Suami Istri Ditangkap Polisi

"Saya hanya ingin membantu mengajar di perbatasan wilayah timur Republik Indonesia dengan Pupua Nugini (RI-PNG), selain melaksanakan tugas pokok menjaga perbatasan dan kedaulatan negara," katanya.

Pada momentum itu, Ia mengaku banyak mengajarkan berbagai hal mulai dari mengajar membaca, menulis dan berhitung, tidak lupa pula diajarkan materi tentang wawasan kebangsaan, yang diharapkan dapat diketahui sejak dini oleh para siswa/i di sekolah tersebut.

"Salam materi wawasan kebangsaan yang diberikan, diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan saling peduli dalam hati peserta didik antara satu dengan yang lainnya sejak dini," kata Sujito.

Kepala SD YPK Pengharapan Forwasi Wallay, Faha yang melihat prajurit TNI membantu mengajar di sekolahnya, mengucapkan terima kasih kepada karena sudah mau membantu membagi ilmu kepada anak didiknya.

“Kami pihak sekolah sangat berterima kasih kepada bapak TNI yang sudah mau dan rela membantu kegiatan belajar mengajar di SD YPK Pengharapan Forwasi Wallay,” katanya.

Dia menyebutk, sekolah itu memiliki siswa berjumlah 75 orang, terdiri dari 6 rombongan belajar, yaitu dari kelas 1 sampai kelas 6. Setiap kelas terdiri atas 10 sampai dengan 20 siswa.

Selain itu, sekolah ini juga memiliki 4 orang guru, yang terdiri atas tiga guru pegawai negeri dan satu tenaga honorer. Namun mereka tidak bisa selalu hadir bersama dikarenakan tempat tinggalnya sangat jauh dari sekolah.

"Di sini kami sangat kekurangan guru yang bisa mengajar siswa-siswa sehingga banyak kendala yang dihadapi pada saat proses belajar mengajar, melihat hal yang dilakukan bapak-bapak TNI, kami sangat terbantu," katanya. (antara/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler