jpnn.com, JAKARTA - Sekuya dan Gamecomm Indonesia meluncurkan karakter kolaborasi bernama “Ziva” di acara Indonesia Technology dan Innovation 2024 (INTI).
INTI sendiri diselenggarakan di JI-Expo Kemayoran pada 12 hingga 14 Agustus 2024.
BACA JUGA: Gamecomm Indonesia Gandeng Sekuya Bawa Inovasi Baru di Dunia Gim
Co-founder dan CEO Gamecomm Indonesia Sere Kalina mengatakan bahwa Ziva dengan nama lengkap Zivana sangat spesial karena mengusung tema budaya dengan unsur batik gorga batak dan batik parang, serta elemen Pancasila dan kesatuan Bhinneka Tunggal Ika.
“Sekuya dan Gamecomm Indonesia berkomitmen untuk mempromosikan budaya dan nilai-nilai luhur Indonesia melalui game,” ucap Sere dalam keterangannya, Jumat (16/8).
BACA JUGA: Meningkatkan Serapan Lulusan Vokasi di Industri Gim, Kemendikbudristek Gaet Gamecomm
Di acara INTI, sebanyak 40 sekolah dan lebih dari 500 siswa dari daerah Jabodetabek turut hadir untuk melihat karya-karya game anak bangsa.
Gamecomm Indonesia juga akan menyelaraskan kurikulum Satuan Pendidikan Vokasi yang mendukung visi pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM dan game lokal.
BACA JUGA: Terinsipirasi dari Film, Mahasiswa Polinema Ciptakan Gim Horor
Data dari Kemenparekraf menunjukkan lebih dari 170 juta pemain game di Indonesia dan mayoritas memainkan game karya dari luar negeri.
Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kecintaan anak muda Indonesia dengan membawa game yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar global.
Plt Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Liz Zeny Merry menuturkan bahwa harus terus mengembangkan kecintaan pada produk game Indonesia.
“Sehungga talenta Indonesia makin bersemangat menciptakan gim berkualitas, seperti Sekuya Saga yang akan diluncurkan di akhir 2024 ini. Kita dukung terus bersama,” tuturnya.
Sere menambahkan pihaknya percaya bahwa kolaborasi itu akan membuka peluang baru dan inovatif bagi ekosistem esports dan pendidikan di Indonesia.
“Karakter Zivana adalah simbol dari nilai-nilai budaya kita yang kaya dan kami berharap ini akan menginspirasi generasi muda untuk lebih mencintai dan menghargai warisan budaya mereka,” tuturnya.
Sekuya Rilis Sekuya Labs, Platform Komunitas
Di Acara INTI 2024, Sekuya juga mengumumkan peluncuran perdana Sekuya Labs, inisiatif baru yang bertujuan menjadi rumah bagi komunitas, brand, dan creator.
Platform itu memungkinkan setiap pegiat komunitas mampu berinteraksi dan memberikan pengalaman baru bagi komunitas yang juga terhubung langsung dengan game Sekuya Saga.
Saat ini, beberapa brand telah bergabung di Sekuya Labs dan juga langsung menciptakan aktivitas game bertema Sekuya Generation di acara INTI 2024, yaitu Radical Motorsport Indonesia, Andrometa, dan Khuga. (mcr4/jpnn)
Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi