Selain Haruna Soemitro, 2 Sosok Ini Juga Pernah Kritik Shin Tae Yong

Selasa, 18 Januari 2022 – 09:33 WIB
Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae Yong (kedua dari kanan) memberikan instruksi dalam latihan Timnas Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (7/5/2021). Foto: ANTARA/HO/PSSI

jpnn.com, JAKARTA - Nama Shin Tae Yong menjadi buah bibir kala membawa timnas Indonesia menembus final Piala AFF 2020.

Walau pada akhirnya Indonesia takluk dari Thailand, Shin Tae Yong tetap dipuji bak pahlawan karena berhasil meremajakan skuad Garuda dan mengorbitkan sejumlah bintang baru.

BACA JUGA: Ada Indikasi Pemain Arema FC Terpapar Covid-19, Begini Tanggapan Manajemen

Namun, rupanya tidak semua orang menyukai kiprah juru taktik asal Korea Selatan itu.

Ada sejumlah insan sepak bola yang memberikan kritik kepada Shin Tae Yong.

BACA JUGA: Haruna Soemitro Sebut Timnas Indonesia Tak Butuh Shin Tae Yong, PSSI Merespons Tegas

Terbaru, Exco PSSI Haruna Soemitro menyebut Shin Tae Yong sebagai sosok yang mudah tersinggung.

Hal itu terungkap ketika Haruna menghadiri podcast Jpnn.com, Sabtu (15/1).

BACA JUGA: 5 Pernyataan Haruna Soemitro yang Menjadi Sorotan, Ungkap Omzet Judi Bola hingga Perangai Shin Tae Yong

"Shin Tae Yong merasa tersinggung ketika kami melakukan evaluasi. Padahal, ini menjadi salah satu cara untuk mencari jalan keluar bersama," terang Haruna.

Selain Haruna, terdapat dua sosok lainnya yang pernah memberikan kritik kepada Shin Tae Yong. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini.

1. Paul Munster (Pelatih Bhayangkara FC)

Kritikan pedas pernah dilayangkan Munster kepada Shin Tae Yong pada September 2021 lalu. Dia heran mengapa dua pemain Bhayangkara FC, yakni Evan Dimas dan Adam Alis dipanggil ke Timnas Indonesia.

Padahal, kedua pemain tersebut jarang diturunkan sebagai starter.

Shin Tae Yong kala itu menanggapinya dengan santai. Lewat keterangan yang dia bagikan di instagram pribadinya, coach Shin menjabarkan secara rinci mengapa tetap memanggil Adam Alis dan Evan Dimas.

"Terima kasih atas pernyataan coach Paul Munster. Evan dan Adam terpilih sebagai pemain tim nasional karena mereka sudah pernah bergabung dalam pertandingan di Dubai," jawab Shin Tae Yong.

"Jadi, saya ingin melihat langsung dan cek kondisi pemain," imbuhnya.

2. Milomir Seslija (Mantan Pelatih PSM Makassar)

Pada September 2021, Seslija pernah memberikan kritik terkait program latihan Timnas Indonesia yang diterapkan Shin Tae Yong.

Mantan pelatih PSM Makassar itu kurang setuju dengan Shin Tae Yong yang terlalu banyak memberikan latihan fitness kepada penggawa Garuda.

Lagi-lagi, coach Shin menanggapinya dengan santai. Dia menyebut latihan fisik sangat dibutuhkan karena merupakan hal mendasar dalam dunia sepak bola

"Kepada coach Milo terima kasih atas pendapatnya. Menurut saya, sepak bola itu sangat dibutuhkan fisik. Saya menilai para pemain Indonesia akan menjadi jauh lebih baik jika mereka dapat meningkatkan fisik," terang Shin Tae Yong.(mcr15/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler