Selamat! Inilah Pemenang Tokopedia Beauty Awards 2023 Versi Pilihan Masyarakat

Kamis, 07 Desember 2023 – 06:22 WIB
Sepanjang 23 Oktober-19 November 2023, masyarakat telah voting brand kecantikan dan perawatan tubuh favorit lewat Tokopedia Beauty Awards 2023. Foto: Dokumentasi Tokopedia

jpnn.com, JAKARTA - Tokopedia melalui ajang penghargaan tahunan Tokopedia Beauty Awards (TBA) 2023 mengumumkan 32 produk terbaik dari pelaku usaha kecantikan dan perawatan tubuh versi pilihan masyarakat.

Sepanjang 23 Oktober-19 November 2023, Tokopedia telah mengumpulkan ratusan ribu votes yang terkumpul melalui halaman khusus di aplikasi Tokopedia.

BACA JUGA: Permudah Seller UMKM, Tokopedia Kini Terintergrasi OneTalk

Vice President of Physical Goods Tokopedia, David Kartono menyampaikan ajang penghargaan Tokopedia Beauty Awards telah hadir sejak 2020 dan konsisten menjadi upaya Tokopedia untuk mengapresiasi serta mengusung produk-produk kecantikan dan perawatan tubuh terbaik pilihan masyarakat Indonesia, baik perempuan maupun laki-laki.

"Dalam menentukan para pemenangnya, kami menggandeng para pengguna Tokopedia untuk voting kepada brand kecantikan dan perawatan tubuh pilihannya,” ungkap David Kartono.

BACA JUGA: Kisah Woodka, UMKM Bandung yang Sukses Raup Omzet Ratusan Juta Berkat Tokopedia

“Dia menyebutkan sepanjang periode pemilihan, Tokopedia telah mengumpulkan ratusan ribu votes dari seluruh Indonesia.

"Tokopedia sangat mengapresiasi masyarakat yang telah memberikan suara kepada brand kecantikan dan perawatan tubuh pilihannya lewat Tokopedia Beauty Awards 2023,” tambah David.

BACA JUGA: Kisah Inspiratif UMKM Bandung Dendeng Kukuruyuk yang Sukses Berjualan Lewat Tokopedia

Pemenang Tokopedia Beauty Awards 2023 dipilih berdasarkan beberapa kriteria, mulai dari popularitas brand di media sosial mainstream, peningkatan penjualan yang signifikan, hingga perkembangan produk mereka, seperti seberapa sering dicari masyarakat di Tokopedia.

“Kami memberikan banyak keuntungan untuk para pemenang Tokopedia Beauty Awards. Mulai dari modal pemasaran produk atau toko berupa saldo beriklan ‘TopAds’, badge TBA 2023 untuk meningkatkan kepercayaan pembeli hingga pelatihan terkait manajemen bisnis dari pakar industri,” jelas David.

Beauty Expert dan Co-Founder Venas Consulting, Affi Assegaf juga mengungkapkan para pelaku usaha di industri kosmetik, khususnya brand lokal, kini makin inovatif dalam menawarkan produk terbaik kecantikan dan perawatan tubuh untuk masyarakat Indonesia.

Hal ini dilatarbelakangi oleh tingginya minat akan produk lokal di pasaran.

"Saya sangat mengapresiasi Tokopedia, karena sudah kasih panggung luas untuk para pegiat usaha di industri kecantikan, khususnya brand lokal. Rasa bangga menggunakan buatan Indonesia memang sudah seharusnya kita pupuk bersama-sama,” ujar Affi Assegaf.

Tokopedia Dorong Geliat Industri Kecantikan dan Perawatan Tubuh di Indonesia Lewat Berbagai Upaya

Kini ada lebih dari 14 juta penjual di Tokopedia, termasuk dari industri kecantikan dan perawatan tubuh, di mana hampir 100 persennya UMKM.

Pemerintah juga mencatat bahwa kontribusi industri kosmetik terhadap PDB pada kuartal III tahun 2023 mencapai 3,83 persen.

Tokopedia juga terus melakukan berbagai upaya bersama para mitra strategis agar para pelaku usaha di industri kecantikan dan perawatan tubuh bisa mendapatkan panggung seluas-luasnya.

Category Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli menyebutkan salah satunya adalah inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada.

"Dengan Hyperlocal, para penjual bisa memiliki kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang, tanpa harus pindah ke kota besar. Pembeli pun bisa beli produk kebutuhan yang lebih beragam dengan lebih cepat dan efisien,” ujar Stefanie Yuli.

Ada beberapa contoh inisiatif berpendekatan Hyperlocal, mulai dari Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli.

Ada juga layanan pemenuhan pesanan Dilayani Tokopedia yang memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.

Seluruh pesanan, mulai dari penerimaan, pengemasan, pengantaran ke kurir hingga penanganan kendala, akan ‘dilayani oleh Tokopedia’.

Tokopedia juga konsisten menghadirkan banyak kampanye online untuk membantu masyarakat mendapatkan produk yang relevan.

Contohnya, Tokopedia Beauty yang mengusung berbagai kebutuhan produk seperti kecantikan dan perawatan tubuh dengan promo menarik.

Ada juga promo WAR Diskon Tokopedia, yang memungkinkan masyarakat belanja online lebih murah.

WAR Diskon Tokopedia pun disambut dengan sangat baik oleh masyarakat.

“Promo ini turut berkontribusi dalam mendorong peningkatan transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan 12 kali lipat pada 10 Oktober 2023 (momen 10.10) jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan September 2023,” jelas Stefanie.

Diua berharap deretan upaya ini dan ajang penghargaan TBA bisa mendorong kemunculan lebih banyak pelaku usaha, khususnya UMKM lokal, di industri kecantikan dan perawatan tubuh, serta membuat produk lokal makin menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

Langkah ini sejalan dengan salah satu komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeroes), yaitu Nol Hambatan (Zero Barriers), yang bertujuan untuk membantu pelaku usaha menciptakan peluang tanpa hambatan lewat ekosistem GoTo, termasuk Tokopedia.

Tren Belanja Online: Penjualan Produk Perawatan Tubuh Naik Hampir 3 Kali Lipat

Berkat kolaborasi yang dilakukan Tokopedia dengan para mitra strategis selama ini, tercatat berbagai dampak positif selama semester I 2023 saat pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi.

Jumlah transaksi produk perawatan wajah naik hampir 2 kali lipat di semester I 2023 saat pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi.
Sedangkan, jumlah transaksi produk perawatan tubuh naik hampir 3 kali lipat.

“Dari segi jumlah penjual, pada periode yang sama, produk perawatan tubuh mengalami kenaikan jumlah penjual hampir dua kali lipat. Sedangkan dari segi jumlah pembeli, Tokopedia mencatat jumlah pembeli produk kecantikan naik hampir dua kali lipat. Di sisi lain, jumlah pembeli produk perawatan tubuh melonjak lebih dari empat kali lipat,” jelas Stefanie.

Selama semester I 2023, lanjut Stefanie, Tokopedia mencatat beberapa produk yang paling laris.

"Misalnya di kategori produk Perawatan Wajah serta Kecantikan, produk yang paling laris adalah cleanser wajah, serum wajah dan krim wajah, sedangkan produk yang paling laris di kategori produk Perawatan Tubuh yaitu sabun mandi, shampoo dan parfum,” ungkap Stefanie.

Tokopedia juga mencatat temuan menarik di berbagai daerah.

Misalnya, Sumatera Selatan, Bali dan Sulawesi Selatan merupakan beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi produk perawatan wajah selama semester I 2023 pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi, dengan peningkatan rata-rata hingga hampir 3 kali lipat.

Di sisi lain, Riau, D.I. Yogyakarta dan Bali tercatat sebagai beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi produk perawatan tubuh, pada periode yang sama, dengan peningkatan rata-rata hingga hampir 4 kali lipat.

“Sedangkan Lampung, Sulawesi Selatan dan Bali menjadi beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi produk kecantikan, masih dalam periode yang sama, dengan peningkatan rata-rata lebih dari 2,5 kali lipat,” pungkas Stefanie. (mrk/jpnn)

Berikut Daftar Pemenang Tokopedia Beauty Awards 2023:

Kategori Perawatan Wajah

Nominasi:

- Best Toner and Essence: nama merek NPure, nama produk Face Toner Centella Asiatica (Cica Series)

- Best Serum: nama merek Avoskin, nama produk Brightening Serum

- Best Moisturizer: nama merek Labore Official Shop, nama produk Biome Repair Barrier Revive Cream

- Best Men's Face Care: nama merek Kahf, nama produk Triple Protection Sunscreen Moisturizer SPF 30 PA+++

- Best Sun Care: nama merek Azarine Cosmetics, nama merek Calm My Acne Sunscreen Moisturiser 

- Best Face Cleanser: nama merek Whitelab, nama produk Brightening Facial Wash

- Best Global Face: nama merek Care Skintific Official Store, nama produk 5X Ceramide Barrier Moisture Gel 


Kategori Perawatan Tubuh

Nominasi:

- Best Body Wash: nama merek Biotalk, nama produk Coffee Scrub Natural Soap

- Best Body Care: nama merek Scarlett Whitening, nama produk Body Lotion Jolly

- Best Hair Care: nama merek Varesse, nama produk Varesse Hair Tonic Concentrate

- Best Women's Fragrance: nama merek HMNS, nama produk Unrosed

- Best Men's Fragrance: nama merek Alchemist Fragrance, nama produk Outwest Extrait de Parfum

- Best Shampoo: nama merek Dr Soap, nama produk Messy-free Nourishing Shampoo Infusion

- Best Hair Grooming: nama merek SMITH Men Supply, nama produk Hair Powder Ocean Dust

- Best Global Hair Care: nama merek KERASTASE Official, nama produk Anti Hair Fall Serum

- Best Global Body Care: nama merek NIVEA Official, nama produk Extra Bright 10 Super Vitamins and Skin Food Serum 

Alat Kecantikan

Nominasi:

- Best Beauty Tools: nama merek Aeris Beauté, nama produk Cloud Conceal Puff

- Best Global Hair Tools: nama merek Dyson, nama produk Dyson Airwrap™ Multi-Styler HS05

- Best Global Men's Grooming: nama merek Philips, nama produk OneBlade QP1424/10

Makeup Mata dan Bibir

Nominasi:

- Best Global Makeup: nama merek Maybelline, nama produk Superstay Vinyl Ink - Liquid Lipstick - Peachy

- Best Eye Shadow: nama merek Make Over Official, nama produk Powerstay Eye Palette

- Best Eyebrow: nama merek Guèle Cosmetics, nama produk Guèle Slim Eyebrow Pencil - Savo Brown

- Best Mascara: nama merek Rose All Day Cosmetics, nama produk Thunder Lash Mascara

- Best Cushion/Foundation: nama merek Luxcrime Luxcrime Perfecting Cover Cushion - Healthy Glow SPF 35 PA +++

- Best Concealer: nama merek ESQA Cosmetics, nama produk Flawless Liquid Mini Concealer

- Best Blushes: nama merek Jacquelle Official, nama produk Jacquelle Blusher x Shani Amelia - Disney 100 Winnie the Pooh edition

- Best Powder: nama merek Somethinc, nama produk HOOMAN UNDER CONTROL HD Blur Loose Powder

- Best Make-up Setting Spray: nama merek Studio Tropik, nama produk DreamSetter 2.0 Make-up Setting Spray

- Best Lip Color: nama merek BLP Beauty, nama produk BLP - Butter Balm Cherry

- Best Makeup Remover: nama merek Dear Me Beauty, nama produk: Cleansing Balm - Meltaway Balm Blueberry

Brand Terbaik

Nominasi

- Fastest Growing Brand: nama merek SAFF & Co.

- Best Newcomer: nama merek The Originote


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler