Selamat, Menaker Ida Terima Penghargaan Austrian Constantinus Award 2022

Rabu, 15 Juni 2022 – 11:56 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menerima penghargaan Austrian Constantinus Award 2022. Foto: dok Kemnaker

jpnn.com, AUSTRIA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menerima penghargaan Austrian Constantinus Award 2022 di Wisma KBRI Wina, Austria pada Selasa (14/6) waktu setempat.

Dirinya mendapatkan penghargaan untuk kategori the best International Project.

BACA JUGA: Menaker Sambut Tawaran Pelatihan Green Energy dan Kendaraan Listrik dari WIFI Burgenland

Bersamaan Kemnaker dan Bit Media GmbH, Menaker Ida dinilai melaksanakan program Development Maritime Vocational Training Medan secara tepat waktu, profesional, dan mencapai target yang diinginkan walaupun di tengah situasi dan kondisi yang sangat tidak kondusif akibat pandemi Covid-19.

Menaker Ida mengatakan bahwa di antara persoalan ketenagakerjaan yang menjadi perhatiannya ialah terkait peningkatan kompetensi tenaga kerja.

BACA JUGA: Bertemu Ridwan Kamil di Swiss, Menaker Ida Fauziyah Sampaikan Dukacita yang Mendalam

Pasalnya, kata Menaker, Indonesia diprediksi mencapai puncak bonus demografi pada 2030.

Bersamaan dengan itu, data BPS menunjukkan angkatan kerja Indonesia didominasi oleh penduduk dengan tingkat pendidikan SMP ke bawah.

BACA JUGA: Menaker Ida Fauziyah Minta Dirjen ILO Dukung Pengembangan Ketenagakerjaan di Indonesia

"Makanya yang harus dikerjakan dengan sangat serius ini peningkatan kompetensi, baik melalui pendidikan vokasi maupun pelatihan vokasi," ucap Menaker.

Dia mengatakan bahwa di antara cara yang dilakukan pihaknya dalam meningkatkan kompetensi tenaga kerja, yaitu menjalin kerja sama dengan Pemerintah Austria untuk melakukan pengembangan BLK-BLK yang ada di Indonesia.

"Makanya standar BLK kami ini standar internasional yang kita mulai, dan bekerja sama model soft loan yang dari Austria," ucapnya.

Diketahui, program Pengembangan BLK Maritim Medan itu merupakan kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Austria melalui skema soft loan dari Pemerintah Austria untuk pengembangan 2 kejuruan, yaitu pariwisata dan perkayuan.

Adapun untuk kegiatan tersebut terdiri dari 4 komponen utama, yakni konstruksi atau pembangunan gedung workshop; pengadaan peralatan pelatihan; pengembangan kurikulum, silabus, program dan modul pelatihan yang sesuai dengan standar Austria yang diakui di Eropa.

Pelatihan instruktur dan manajemen, untuk mendukung penyelenggaraan pelatihan dan menjaga kualitas lulusan pelatihan secara berkesinambungan. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menaker Ida Dorong Pemangku Kepentingan Bersinergi Hadapi Tantangan Ketenagakerjaan


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler