Seleksi Pemain Keturunan di Tahap II

Minggu, 26 September 2010 – 17:11 WIB
MASUK - Boaz Solossa, salah seorang pemain yang dipanggil (kembali) dalam seleksi tahap II timnas, ketika bertanding dengan kostum Merah Putih beberapa waktu lalu. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos.
JAKARTA - Ada yang baru dalam pemusatan latihan timnas Indonesia tahap IIRencananya akan hadir empat sampai lima pemain keturunan yang selama ini berdomisili di Belanda yang bakal ikut bergabung dalam agenda yang dimulai 4 Oktober mendatang.

"Saat ini, kami masih ada di Belanda dan memantau seleksi para pemain keturunan

BACA JUGA: Tertarik jadi Pelatih karena Fergie

Sekarang sudah dalam tahap-tahap akhir," kata Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Iman Arif ketika dihubungi media ini.

Dalam melalukan seleksi pemain berdarah Indonesia, BTN melakukan kerjasama dengan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB)
Iman berada di Belanda bersama Sekjen PSSI Nugraha Besoes dan pelatih timnas Alfred Riedl.

"Akhir bulan ini, kami akan umumkan secara resmi nama-nama pemain keturunan yang akan bergabung dalam pemusatan latihan," sambungnya.

Di antara mereka kabarnya ada nama Sergio van Dijk yang saat ini memperkuat klub Liga Australia (A-League) Adelaide United

BACA JUGA: Malam ini Persema Malang Dilaunching

Van Dijk adalah salah satu bomber garang di A-League
Di awal musim ini, dari tujuh pertandingan, pemain yang sudah beberapa kali mengunjungi Indonesia itu sudah mengemas empat gol.

Medio Juli lalu, pemain berdarah Ambon itu datang ke Jakarta dan menyatakan tertarik bergabung bersama timnas Merah Putih

BACA JUGA: Dana Deltras Dijanjikan Cair Oktober

Namun, pemain berusia 28 tahun itu ingin membicarakan soal naturalisasi dengan keluarganyaSebab, istri dan keluarganya merupakan warga negara Belanda dan berdomisili di Negara Kincir Angin tersebut.

Tapi, Iman menegaskan, para pemain yang terpilih dan diberi kesempatan  untuk ikut seleksi bersama timnas Indonesia itu tidak serta merta akan mendapat tempat di Pasukan Garuda, julukan timnas Indonesia.

"Mereka harus tetap mengikuti seleksi dulu dan bersaing dengan para pemain yang lainJika tidak mampu bersaing ya tidak akan diambil oleh timnas IndonesiaKita lihat saja nanti kemampuan mereka saat mengikuti pemusatan latihan," ucapnya.

Seperti yang direncanakan, pemusatan latihan tahap II akan dimulai pada 4 OktoberTim pelatih sudah memutuskan lima pemain dari skuad pemusatan latihan tahap pertama yang selesai menjelang Lebaran lalu dicoretMereka adalah Habel Satya (Persiwa Wamena), Yesayas Desnam (Persiwa Wamena), Rahmad Latief (Sriwijaya FC), Dony Siregar (Persiba Balikapapan), dan M Isnaini (PSPS Pekanbaru).

Sebagai ganti, timnas memanggil empat pemain baru, yaitu Boaz Solossa (Persipura Jayapura), Oktavianus Maniani (Sriwijaya FC), Slamet Riyadi (Persela Lamongan), dan Irfan Raditya (Arema Indonesia)"Coach Alfred Riedl (pelatih kepala timnas, Red) ingin melihat alternatif lainPemain yang sementara itu dikembalikan ke klubnyaMereka masih punya kesempatan kembali di timnas," kata Wolfgang Pikal, asisten pelatih timnas Indonesia(ali/diq/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rp 195 M untuk Depak Raul-Guti


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler