Seleksi PPPK Guru & Nonguru Terkendala, BKN Ungkap Hal Krusial, Honorer Bisa Kaget

Jumat, 23 September 2022 – 05:53 WIB
Ada hal krusial yang menyebabkan seleksi PPPK guru dan nonguru tidak bisa segera dibuka.. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) formasi guru dan nonguru tidak akan diselenggarakan dalam bulan ini atau bahkan Oktober mendatang.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan estimasi penyelenggaraannya, di akhir 2022.

BACA JUGA: Seleksi Guru PPPK 2022 Segera Dibuka, Ini Kategori Honorer Prioritas Utama, Catat!

Deputi bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) BKN Suharmen mengungkapkan ada kendala besar sehingga seleksi PPPK 2022 tidak bisa dilaksanakan sesuai time table yang disusun Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi KemenPAN-RB), yaitu pekan ketiga atau keempat September.

MenPAN-RB Azwar Anas bahkan telah meminta agar seleksinya harus dilaksanakan jelang akhir September.

BACA JUGA: Syaiful Huda: Saya Khawatir Seleksi Sejuta Guru Honorer Jadi PPPK Terganggu jika Hal Ini Benar Terjadi

"Seleksi PPPK guru dan nonguru ditargetkan pelaksanaannya November. Namun, itu baru estimasi ya," kata Deputi Suharmen kepada JPNN.com, Jumat (23/9).

Dia tidak mau menyebutkan November itu sudah pasti ada seleksi.

Sebab, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum seleksi PPPK guru dan nonguru benar-benar dilaksanakan.

Salah satunya adalah formasi dari KemenPAN-RB on schedule. Begitu juga data dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). 

Keputusan MenPAN-RB Azwar Anas soal pelaksanaan PPPK 2022 dan penyelesaian bisnis proses yang diharapkan untuk mekanisme yang baru juga on schedule.

"Kalau itu dilaksanakan, maka insyaallah bisa dibuka November," ujarnya.

Ingat lagi pada 13 September, MenPAN-RB Azwar Anas telah menyerahkan SK KepmenPAN-RB soal penetapan kuota PPPK guru dan nonguru tahun anggaran 2022. Nah, kuota PPPK 2022 itu baru angka gelondongan. 

Setiap instansi harus mengajukan usulan formasinya kembali kepada KemenPAN-RB untuk ditetapkan kembali formasinya oleh menteri.

"Jadi, prosesnya memang panjang. Sekarang tergantung bagaimana komitmen pemerintah untuk menaati jadwalnya saja," ucapnya.

Bagaimana dengan formasi PPPK untuk guru lulus passing grade (PG)? Penjelelasan Deputi Suharmen bikin terkejut lagi.

Data guru lulus PG yang sudah diserahkan ke BKN ternyata bermasalah. Begitu akan dimasukkan ke dalam database SSCASN masih banyak yang salah, sehingga harus dibersihkan dulu semua datanya.

"Memang data guru lulus PG sudah disahkan dan diserahkan ke BKN, tetapi banyak salahnya. Sampai Kamis (22/9) sore, baru selesai untuk 200 instansi," terangnya.

Jadi, kata Deputi Suharmen, masih panjangnya prosesnya yang harus dilakukan sehingga seleksi PPPK guru dan nonguru tidak bisa digelar akhir September sampai Oktober.

November pun akan dilaksanakan bila semua syaratnya dipenuhi. Honorer mohon bersabar. (esy/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler