Selfi LIDA Kangen Suasana Lebaran di Kampung

Minggu, 10 Juni 2018 – 15:47 WIB
Sefi Lida. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Usai menjadi juara Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2018, Selfi memang banyak menghabiskan waktunya di Jakarta.

Tak heran, Selfi LIDA merindukan kampung halaman dan suasana kumpul bareng keluarga.

BACA JUGA: Pendamping PKH Tidak Sekadar Mengurus Bansos

"Dulu bisa sahur dan buka puasa bersama ayah ibu dan adik-adik. Kini menjalani puasa di rantau orang, di Jakarta yang jauh dari orang tua dan keluarga," kata Selfi LIDA ditemui usai mengisi acara di salah satu stasiun televisi, baru-baru ini.

BACA JUGA: Gerindra Ingatkan Jokowi Tak Sogok Rakyat dengan Bansos

"Yang paling dirindukan dari momen Ramadan adalah masakan buatan ibu dan ngabuburit sama keluarga naik bentor berburu takjil di pasar dekat rumah," sambungnya.

Saat Lebaran tiba, lanjut Selfi, ada tradisi yang selalu diingatnya yakni menyiapkan makanan untuk saudara yang berkunjung ke rumah, lalu bersama-sama berziarah ke makam annggota keluarga yang telah meninggal. 

BACA JUGA: Mbak Puan: Bantuan Jangan Dipakai Beli Lipstik

"Saat keluarga besar berkumpul biasanya kami bertukar cerita dan mengenang masa kecil. Canda tawa dan cerita-cerita itu yang selalu bikin kangen pulang," tutur sulung dari tiga bersaudara ini.

Di kampung halamannya, putri pasangan Yamma dan Muliati ini memang hidup sederhana di rumah panggung pinggir jalan raya yang menghubungkan Kabupaten Soppeng dengan Kabupaten Wajo.

Rumah berukuran 6x8 meter ini berdiri di atas tanah milik pemerintah. Keluarga ini dikaruniai 3 anak yaitu Selfiani (18 tahun), Sulfiyanti (15 tahun) dan Saiful Saputra (5 tahun).

Ayah Selfi bekerja sebagai penarik bentor (becak motor) dan buruh penebang pohon pisang pada usaha tembakau milik tetangganya.

Sedangkan ibu Selfi membantu meringankan beban keluarga dengan bekerja sebagai buruh cuci.

Perempuan berkerudung ini adalah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH).

Direktur Jenderal Perlindungan Sosial Kementerian Sosial RI Harry Hikmat mengatakan, prestasi yang ditorehkan Selfi diharapkan dapat memotivasi para keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) agar terus memupuk mimpi dan mewujudkannya.

"Dengan ketekunan, doa, dan semangat yang terus berkobar dalam hati Inshaa Allah setiap usaha akan sampai," kata Harry.

Kementerian Sosial, lanjut Harry, juga terus berupaya mencari anak-anak berprestasi dari KPM PKH. Tujuannya agar menginspirasi keluarga yang lain untuk mengukir prestasi juga.

Pada Juli tahun ini, pihaknya akan mengundang anak-anak berprestasi dari berbagai daerah di Indonesia untuk hadir dalam acara Gebyar Anak Berprestasi di Jakarta yang akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

"Sesuai arahan Presiden Joko Widodo dan Menteri Sosial Idrus Marham, anak-anak harus mendapat layanan pendidikan yang baik. PKH mendorong peningkatan pencapaian pendidikan dan mengurangi angka putus sekolah. Jika Selfi telah berkemauan kuat untuk melanjutkan sekolah, itu adalah pikiran yang sangat maju dan harus kita dukung," paparnya.

Harry menambahkan, capaian Selfi ini menjadi prospek yang cerah untuk mengangkat status sosial ekonomi keluarganya menjadi KPM PKH Graduasi Sejahtera Mandiri.

Graduasi Mandiri adalah keluar dari kepersertaan PKH secara sukarela, yang merupakan bentuk kesadaran diri dari Keluarga Penerima Manfaat yang sudah sejahtera. Hal itu dikarenakan KPM mengalami peningkatan ekonomi.(mg7/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PKH Ditunggangi Peserta Pilkada Jatim? Pengamat: Itu Biadab


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Selfi LIDA   PKH  

Terpopuler