Sembarangan Minum Obat Asam Urat Bisa Picu Gangguan Ginjal?

Sabtu, 06 April 2019 – 14:10 WIB
Ginjal. Foto: Ilustrasi Boldsky

jpnn.com - Penyakit asam urat tak jarang kerap disepelekan. Bahkan, sakit yang dikira ringan itu sering diatasi hanya dengan konsumsi obat warung saja.

Padahal, ada anggapan yang menyebut bahwa konsumsi obat asam urat yang dijual bebas mampu memicu terjadinya gangguan ginjal.

BACA JUGA: 4 Olahraga ini Tepat untuk Penderita Asam Urat

Perlu diketahui, penyakit asam urat terjadi ketika tubuh tak lagi mampu membuang zat tersebut.

Asam urat itu sendiri diproduksi oleh tubuh, juga bisa didapatkan dari konsumsi makanan yang tinggi kandungan purin seperti jeroan, beberapa jenis ikan laut, dan melinjo.

BACA JUGA: 6 Cara Mengelola Kadar Asam Urat

Penyakit asam urat membuat penderitanya mengalami berbagai gejala. Salah satu yang paling khas adalah nyeri sendi yang biasanya timbul di daerah ibu jari kaki.

Selain itu, peningkatan asam urat juga umumnya akan menimbulkan benjolan di lokasi yang sama, yaitu ibu jari kaki.

BACA JUGA: Penderita Asam Urat Pantang Konsumsi Sayuran Hijau?

Karena gejala yang sangat menganggu, banyak penderitanya ingin segera terbebas dari keluhan tersebut.

Tak heran, obat yang dijual bebas di warung sering dijadikan sebagai solusi utama. Padahal, medis sangat tidak menyarankan perilaku seperti ini.

Sebab, obat yang dijual bebas bisa menimbulkan berbagai efek samping merugikan jika dikonsumsi dalam jangka panjang, apalagi tanpa memperhatikan dosis dan saran konsumsi yang tertera di label kemasan.

Faktanya, penggunaan obat antinyeri golongan NSAIDS (non steroidal anti inflamasi drug) yang sering digunakan untuk mengatasi asam urat dalam jangka panjang bisa menyebabkan efek samping berupa perdarahan saluran cerna.

Selain itu, efek samping yang juga sering timbul adalah gangguan ginjal. Hal ini terjadi lantaran obat anti nyeri akan menyebabkan aliran darah di ginjal menurun, sehingga lama-kelamaan akan mengganggu fungsi ginjal.

Bila sudah terjadi, seseorang yang mengalami gangguan fungsi ginjal akan mengalami gejala seperti buang air kecil keruh, berbusa, dan jumlah produksi urine menjadi lebih sedikit.

Lantas, harus bagaimana?

Anda sebenarnya boleh-boleh saja mengonsumsi obat antinyeri, asalkan di bawah pengawasan dokter.

Pada penggunaan jangka panjang misalnya untuk mengendalikan penyakit asam urat ? dokter akan menyarankan obat yang aman, sesuai, dan memiliki efek samping paling rendah.

Jika memang terpaksa harus mengonsumsi obat yang dijual bebas dari warung, alangkah baiknya obat tersebut tidak dikonsumsi lebih dari seminggu.

Hindari mengoplos alias mencampur-campurkan obat ataupun meningkatkan dosisnya, khususnya jika Anda tidak ingin mengalami efek samping yang benar-benar membahayakan kesehatan.

Sekali lagi diingatkan bahwa obat untuk penyakit asam urat atau penyakit lain yang dijual bebas di warung boleh saja dikonsumsi, asalkan tidak lebih dari satu minggu.

Selalu perhatikan anjuran dosis, saran konsumsi, dan indikasi yang tertera di label kemasan untuk menghindari segala efek samping yang mungkin terjadi.

Jika dalam beberapa hari keluhan masih dirasakan, hindari mengoplos atau menambah dosis sesuka hati.

Akan lebih baik bila Anda berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan dengan lebih pasti.(NB/ RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Jenis Makanan ini Ramah Bagi Penderita Asam Urat


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler