Sempat Terputus Akibat Longsor, Jalur Bandung-Cianjur Selatan Kini Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

Sabtu, 25 Januari 2020 – 16:35 WIB
Jalur Bandung-Cianjur selatan sudah bisa dilalui kendaraan setelah material longsor dibersihkan, Sabtu (25/1). Foto: pojoksatu.id

jpnn.com, CIANJUR - Jalur Bandung-Cianjur selatan yang sempat tertutup longsor pada Jumat (23/1) malam sudah dibuka dan bisa kembali dilalui kendaraan.

Longsor terjadi di tanjakan Hantap, tepatnya di Kampung Citengkor RT 2/10, Desa Sukabakti, Kecamatan Naringgul, sekitar pukul 20.30 wib dan menutup seluruh badan jalan.

BACA JUGA: Bandar Narkoba di Daerah Ini Ternyata Seorang Perempuan, nih Tampangnya

Material longsor berupa tanah dan lumpur, ditambah pohon bertumbangan dan batu besar, akhirnya bisa dibersihkan pada Sabtu (25/1/2020) pagi.

Kepala Pengawas Jalan Nasional Soreang- Ciwidey-Rancabali-Naringgul-Cidaun, Herry mengatakan, pihaknya langsung menerjunkan satu alat berat sesaat setelah menerima laporan dari Polsek Naringgul.

BACA JUGA: Tepergok Berbuat Terlarang di Jalan Lintas, Pasangan Pelajar SMP Ini Langsung Diamankan

“Pembersihan material longsotan langsung dilakukan sejak semalam sampai pagi tadi,” kata Hery seperti dilansir pojoksatu.id, Sabtu (25/1).

Diperkirakan, pembersihan total rampung siang ini. Pasalnya, masih ada batua besar dan batang pohon yang diupayakan untuk disingkirkan.

BACA JUGA: Berita Duka, Liling Meninggal Dunia Setelah Dihantam Pakai Batu Timbangan

Diakuinya, jalur Naringgul- Rancabali-Ciwidey termasuk daerah rawan longsor. Karena itu, Kementerian PUPR PPK 2 PJN 5 menyiagakan satu alat berat di kilometer 121 Curug Ceret.

“Jadi biar cepat bisa sampai ke lokasi sewaktu-waktu dibutuhkan,” ujarnya.

Kapolsek Naringgul, Iptu Sumardi menambahkan, saat ini kendaraan dari kefua arah sudah bisa melintasi tanjakan Hantap. Kendati demikian, masih diberlakukan buka-tutup dari kedua jalur.

“Soalnya kan masih ada batu dan pohon tumbang. Masih diupayakan untuk dibersihkan,” terangnya.

Selain itu, pengendara juga sebaiknya berhati-hati saat melintasi lokasi. Sebab, usai pembersihan, jalan masih cukup licin.

BACA JUGA: Dua Hal Ini yang Bikin Shin Tae Yong Puas, Meski Timnas U-19 Kalah Lawan Kyung Hee

“Iya masih ada lumpur ya. Siang ini diupayakan bersih total,” pungkasnya.(ruh)


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler