Sempat Tertunda, FLAVS Festival 2023 Umumkan Jadwal dan Daftar Penampil

Rabu, 11 Oktober 2023 – 07:17 WIB
Penyelenggara dan pengisi acara FLAVS Festival 2023 di Jakarta, Rabu (24/5). Foto: Dok. FLAVS

jpnn.com, JAKARTA - Setelah sempat tertunda, FLAVS Festival 2023 akan diadakan di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta pada 14-15 Oktober 2023.

Sejumlah penampil lokal dan internasional bersiap memeriahkan rangkaian festival musik hip hop, R&B, dan soul tersebut.

BACA JUGA: FLAVS Festival 2023 Resmi Ditunda, Apa Sebabnya?

Lil Pump, DaBaby, dan Joey Valence & Brae menjadi penampil mancanegara yang tampil sebagai bintang tamu utama FLAVS Festival 2023.

Adapun nama-nama yang akan menjadi penampil antara lain adalah Amster Gank, Bennet A.K., Cecil, DB Mandala, Defbloc Union (yang terdiri dari Endo, Insthinc, Jere Fundamental, Kid Vicious, Madness On Tha Block, Ways), Endah N Rhesa, Farrel Hilal, proyek musik FLAVS Nu Icon (CHRSTPY, Owwie, Raihan, dan XJONATHANN).

BACA JUGA: FLO Jadi Bintang Tamu FLAVS Festival 2023 di Jakarta

Selanjutnya ada GAC, Hip Hop Reggae Connection, Hollandia 98, Indobeatbox, Indonesian Rap Time Machine, Jakarta Tenggelam (BAP., Basboi, ENVY*, Dzulfahmi, Tacbo, Kink Yosev, Rai Anvio), Jayko, Jesicca Janess, Jinan Laetitia, Joe Million, Jordy Waelauruw Presents Colo Colo, Kunto Aji, Laze, Los Pakualamos, Maliq & D’Essentials, Morad feat. Jamie Aditya, Mukarakat, Nartok.

Ada pula penampilan dari NDX AKA, NORTHSIDEKINGZ, Oomleo Berkaraoke x E-One Cronik feat. Mamang Kesbor, Paul Partohap, Project Pop, Punokawan (Mario Zwinkle, Matter Mos, Sonjah, Tuan Tigabelas), Raben, Ramengvrl, RAN, Reikko, Salon RNB Presents Gavendri, Madukina, Moneva, Noni, RL Klav & Sade Susanto, Saykoji, Son of Garuda, Soul ID, St. Loco, The Soulful, Tiara Andini, Tribute to Glenn Fredly Live by The Bakuucakar feat. Andmesh, Mutia Ayu, Teddy Adhitya & Tompi, Tribute to Iwa K, dan Yacko.

BACA JUGA: Tomy Bollin Bikin Heboh RRREC Fest 2023

Selain para penampil dalam negeri, FLAVS Festival 2023 juga mengundang bintang tamu mancanegara.

Bintang tamu internasional yang dipastikan beraksi yakni Lil Pump, DaBaby, dan Joey Valence & Brae.

Lil Pump menjadi headliner di hari pertama, sementara DaBaby serta Joey Valence & Brae di hari berikutnya.

Pada tahun ini, FLAVS Festival 2023 juga memberikan penghormatan bagi legenda hip hop Tanah Air, Iwa K, dalam panggung Tribute To Iwa K.

Panggung akan diisi oleh Black Skin, Dewi Gita, DPMB, Faye Risakotta, Ipang, Jamie Aditya, Jayko, Juanita A.K.A. Jaydee, Laze, Matter Mos, P-Squad, Paul Latumahina, Saykoji, The Akar, Tuan Tigabelas, dan Yacko.

Demi mewadahi pendatang baru di kancah musik Indonesia, FLAVS Festival 2023 sebelumnya mengadakan kompetisi FLAVS NU ICON.

Para pemenang yang terpilih akan unjuk gigi dalam festival tersebut yakni CHRSTPY (Papua), Owwie (Jawa Timur), Raihan (Medan), dan XJONATHANN (Minahasa).

Pada perhelatannya kali ini, FLAVS Festival 2023 juga hendak merayakan 30 tahun sejak kemunculan hip hop di Indonesia.

Genre musik tersebut telah berkembang sedemikian rupa sehingga memiliki berbagai warna dari berbagai akar. Oleh karena itu, festival tersebut mengusung tema Unity.

Sesuai dengan temanya, FLAVS ingin menyerukan semangat keberagaman yang meskipun memiliki berbagai perbedaan, tetapi tetap satu jua.

Namun tidak hanya musik, pada FLAVS Festival 2023 juga terdapat berbagai aktivitas lainnya yang masih berkenaan dengan kultur musik hip hop, R&B, dan soul, di antaranya berbagai battle, sebut saja freestyle rap battle, open style, bboy/bgirl, beatbox, turntablist, dan graffiti dari berbagai penjuru Indonesia.

FLAVS Festival 2023 kemudian menghadirkan aktivitas dan beragam booth dari komunitas, di antaranya turntablist workshop, talkshow, graffiti workshop, lelang snapback limited edition 30 tahun Bhineka Tunggal Hip Hop, Hatbeast Indo, berbagai merch band serta thrift store dan juga custom temporary tattoo.

Tiket dari FLAVS Festival 2023 masih tersedia melalui laman resmi penyelenggara. (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler