Sempat Viral, Buaya Betina Ditangkap

Senin, 08 Oktober 2018 – 20:44 WIB
Ilustrasi buaya. Foto: AFP

jpnn.com, BEKASI - Petugas gabungan menangkap seekor buaya betina jenis crocodylus porosusdi Kali Bekasi, Sabtu (6/10) malam.

Pencarian buaya muara itu di sisir oleh para petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi dan pihak Pemerintah Kabupaten Bogor.

BACA JUGA: Pemilu Zimbabwe: Mugabe Minta Rakyat Tak Pilih Si Buaya

“Pencarian kami mulai sejak Sabtu siang bersama dengan komunitas dan masyarakat,” kata Ketua Satgas BPDB Kota Bekasi, Karsono, Senin (8/10).

Karsono menjelaskan, pencarian buaya muara itu dimulai dari sungai Cileungsi hingga Kali Bekasi.

BACA JUGA: Tasman Disergap Buaya di Depan Istrinya

Bahkan, keberadaan buaya tersebut sempat viral di media sosial saat buaya itu sedang berjemur di bantaran sungai Cileungsi.

Warga yang melihat itu langsung mengabadikan melalui telepon genggamnya hingga diteruskan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Bogor.

BACA JUGA: Detik-detik Bunda Lompat ke Sungai saat Anak Diseret Buaya

“BKSDA Kabupaten Bogor berkoordinasi dengan kami untuk bersama-sama mencari buaya tersebut. Hingga pada Sabtu sekitar pukul 21.00 WIB kami mendapatkan buaya betina itu,” ujar dia.

Dia menjelaskan, penangkapan buaya muara berada di jembatan pocong, Kecamatan Bantar Gebang. Pihaknya saat ini masih melakukan penyisiran untuk menangkap dua ekor buaya yang masih berkeliaran.

“Informasinya ada 3 buaya muara yang berkeliaran, kami masih cari dengan alat setrum berkekuatan 24 VA dan jaring. Buaya betina yang kami tangkap sudah diserahkan kepada BKSDA Kabupaten Bogor,” jelas dia.

Warga Vila Nusa Indah, Yudi, mengaku sudah mengetahui keberadaan buaya muara yang berkeliaran di sungai Cileungsi-Kali Bekasi.

“Pihak RT/RW sudah menginformasikannya kepada pemeerintah. Saat itu, foto tersebar ada buaya satu ekor saja sedang berjemur,” tutur dia.

Namun, dia tidak mengetahui jika terdapat 3 ekor buaya yang berkeliaran di sungai Cileungsi-Kali Bekasi.

“Infonya cuma ada satu, ya saya harapkan tim dapat menangkap semua buaya karena membahayakan, kami juga menghimbau kepada tim gabungan untuk berhati-hati dan selalu menjaga keutamaan diri,” tandasnya.(kub/pojokbekasi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anak Diseret Buaya, Ibunya Lompat ke Sungai, Heroik!


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
buaya  

Terpopuler