Semua Pejabat Polrestabes Medan yang Disebut Bripka Ricardo Terima Suap Harus Dicopot

Kamis, 20 Januari 2022 – 18:30 WIB
Komisoner Kompolnas Poengky Indarti angkat bicara terkait sejumlah personil Polrestabes Medan yang diduga menerima suap dari bandar narkoba. Ilustrasi. Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kompolnas menyoroti kasus dugaan suap yang diterima sejumlah pejabat Polrestabes Medan dari salah satu bandar narkoba. Semua pihak yang terlibat diminta untuk disanksi tegas.

Komisioner Kompolnas Poengky Indarti mengatakan bahwa Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko bersama sejumlah bawahan yang namanya disebut Bripka Ricardo Siahaan di persidangan harus dicopot.

BACA JUGA: Selain Bupati Langkat, Sosok Ini Ternyata Ikut Terjaring dalam OTT KPK di Langkat

“Kami tidak mengkhususkan pada Kapolrestabes Medan saja, tetapi semua nama yang disebut Bripka Ricardo di persidangan yang diduga menerima suap,” ujar Poengky ketika dikonfirmasi, Kamis (20/1).

Menurut Poengky, Kapolda Sumatera Utara Irjen Panca Putra Simanjuntak harus segera bertindak tegas.

BACA JUGA: RY Tengah Asyik Begituan saat Dijemput Polisi di Rumahnya

“Kami berharap mereka yang diduga menerima suap dapat dicopot dari jabatannya untuk memudahkan pemeriksaan,” tegas Poengky.

Nantinya, apabila dari hasil pemeriksaan nama-nama yang disebut Bripka Ricardo itu tidak terbukti bersalah, maka nama baiknya harus dipulihkan.

“Namun, jika nantinya dapat dibuktikan mereka bersalah, maka kami rekomendasikan untuk diproses pidana dan diproses etik dengan sanksi pemecatan,” tegas Poengky.

Sebab, Poengky menyebut polisi sebagai aparat penegak hukum harus bersih dari suap, apalagi dari bandar narkoba.

“Apalagi ini terkait narkoba yang merupakan kejahatan serius di Indonesia,” tegas dia.

Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak sebelumnya telah mencopot jabatan Kompol Oloan Siahaan dari Kasat Resnarkoba Polrestabes Medan.

"Kasat narkobanya sudah kami tarik. Sebagai pemimpin dia sudah kami tarik, semua sudah dicopot itu,” ujar Panca ketika dikonfirmasi wartawan, Senin (17/1).

Menurut dia, Kompol Oloan kini ditarik ke Polda Sumut dan ditugaskan sebagai Pamen Yanma. Penarikan ke Polda Sumut untuk memudahkan proses pemeriksaan oleh Propam.

Sementara untuk Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko saat ini masih belum dicopot. Namun, Panca menyebut tak lama lagi Riko akan dia copot juga.

"Sebentar, akan saya lakukan, tenang saja,”ujar mantan Wadirtipidum Bareskrim Polri itu. (cuy/jpnn) 

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur : Budi
Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler