Sentil Mbak Puan, Andre Rosiade: Jangan Mempersepsikan PDIP Kalah Lalu Seakan-akan Sumbar Tak Pancasilais

Kamis, 03 September 2020 – 16:47 WIB
Puan Maharani. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI Andre Rosiade angkat bicara merespons pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani yang dinilai mempersepsikan Provinsi Sumatera Barat tidak mendukung negara Pancasila.

Pernyataan 'semoga Sumatera Barat menjadi provinsi yang memang mendukung negara Pancasila' itu meluncur saat secara virtual mengumumkan calon gubernur-wakil gubernur yang didukung PDIP di Sumbar, Rabu kemarin (2/9). 

BACA JUGA: Bicara soal Sumbar dan Pancasila, Puan Maharani jadi Sorotan

"Pertama, saya tidak berprasangka buruk terhadap Mbak Puan, saya ingin berprasangka baik saja bahwa Mbak Puan menurut saya tidak ada keinginan mendiskreditkan Sumatera Barat atau masyarakat Minang," ucap Andre kepada jpnn.com, Kamis (3/9).

Kedua, kata ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini, sebagai orang yang lahir, besar dan menjadi anggota DPR RI mewakili Sumatera Barat, Andre ingin menegaskan bahwa Provinsi Sumatera Barat maupun masyarakat Minang adalah provinsi dan masyarakat yang Pancasilais.

BACA JUGA: 9 Pria Menunjukkan Adegan Pesta Gay Penuh Gairah di Hadapan Polisi, 47 Orang Dipanggil jadi Saksi

"Bagi kami masyarakat Minang dan Sumatera Barat, Pancasila, UUD 1945, NKRI adalah final," tegas Anggota Komisi VI DPR itu.

Dia lantas mengingatkan Puan yang juga ketua DPR RI akan sejarah bahwa 3 tokoh dari 9 orang anggota Tim 9 yang merumuskan kalimat-kalimat Pancasila merupakan warga Minang. Mereka adalah Moh. Hatta, Moh. Yamin dan Agus Salim. 

BACA JUGA: Sindiran Fadli Zon untuk Pernyataan Puan Maharani soal Sumbar & Pancasila

Selain itu, katanya, Sumatera Barat melahirkan banyak tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan. Bahkan salah satu dari dua Proklamator Kemerdekaan RI adalah warga Minang.

"Kakeknya Mbak Puan yang namanya Bung Karno tanda tangan proklamasi dengan Bung Hatta yang notabene orang Sumbar," ujar Andre.

Oleh karena itu, anak buah Prabowo Subianto di Partai Gerindra ini menegaskan bahwa tidak tepat kalau Sumbar dipersepsikan provinsi yang kurang Pancasilais.

 "Kami adalah provinsi yang Pancasilais. Mohon maaf Mbak Puan, jangan punya persepsi PDIP kalah di Sumatera Barat, seakan-akan kami tidak pancasilais gitu lho," tegas ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang ini.

Namun demikian, Andre tetap berprasangka baik bahwa Puan Maharani tidak punya keinginan mendiskreditkan masyarakat Minang. 

"Saran saya ke Mbak Puan, bikin klarifikasilah, supaya berita ini tidak ke mana-mana," tandas politikus kelahiran Kota Padang ini.(fat/jpnn)

 

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler