Seorang Penjual Gorengan Hilang Terseret Banjir di Ciamis

Sabtu, 08 Oktober 2022 – 11:09 WIB
Banjir melanda permukiman warga di Desa Cihaurbeuti, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (7/10). FOTO: Pusdalops BPBD Kabupaten Ciamis

jpnn.com, CIAMIS - Seorang penjual gorengan dilaporkan hilang saat banjir melanda Desa Cihaurbeuti, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat pada Jumat (7/10).

Petaka itu terjadi saat kendaraan jenis sepeda motor yang dikendarai korban terseret arus banjir.

BACA JUGA: Mobil Terjebak Banjir, Begini Tips Klaim Asuransi

Menurut Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, kendaraan korban tersangkut di jembatan, tetapi penjual gorengan itu diduga terbawa arus banjir.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis bersama tim gabungan dari unsur TNI, Polri, Basarnas, instansi terkait, sukarelawan, dan masyarakat masih berupaya mencari korban di sekitar DAS Citanduy.

BACA JUGA: Tinjau Lokasi Langganan Banjir, Fitrianti Agustinda Langsung Turunkan Tim

"Sampai saat ini tim SAR gabungan sedang melakukan pencarian di wilayah sungai Citanduy," kata Muhari mengutip penjelasan anggota tim Pusdalops BPBD Ciamis, Sabtu (8/10).

Banjir Ciamis terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah tersebut sehingga menyebabkan Sungai Cikalumpang meluap dan menggenangi permukiman warga.

BACA JUGA: Innalillahi, 3 Siswa MTsN 19 Jakarta Tewas Tertimpa Tembok yang Diterjang Banjir

Hasil kaji cepat sementara, empat dusun di Desa Cihaurbeuti terdampak banjir.

Adapun kondisi saat ini banjir sudah surut dan masyarakat mulai membersihkan rumah mereka.

BNPB mengimbau kepada masyarakat dan pemangku kebijakan di daerah setempat agar tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan dari potensi bencana yang dapat dipicu oleh faktor cuaca.

"Apabila terjadi hujan dalam durasi lebih dari satu jam, maka masyarakat yang tinggal di bantaran sungai maupun di lereng tebing agar mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk sementara waktu," ucap Muhari.(fat/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler