Sepak Terjang Comeback Lance Armstrong, di Tour Down Under

Kunjungi Rumah Sakit, Etape Terakhir Disaksikan 144 Ribu Penonton

Senin, 26 Januari 2009 – 09:57 WIB

PEKAN ketiga Januari 2009 menjadi penanda kembalinya Lance Armstrong ke ajang profesionalJuara Tour de France tujuh kali itu mengikuti Tour Down Under di Australia Selatan.

Ratusan jurnalis dan fotografer datang langsung ke Adelaide, Australia Selatan

BACA JUGA: Sapu Barat, Cavaliers Puncaki Timur

Tujuan utama mereka adalah meliput tur balap sepeda Tour Down Under 2009
Itu cukup aneh karena biasanya even tersebut kurang menarik untuk diliput.

Kehadiran juara tujuh kali Tour de France Lance Armstrong menjadi magnet yang menarik mereka

BACA JUGA: Indonesia Belum Mampu Raih Poin

Keikutsertaan Armstrong di Tour Down Under sekaligus menjadi kejuaraan resmi pertamanya setelah kembali dari masa pensiun selama 3,5 tahun
Dia secara resmi mengundurkan diri seusai menjuarai Tour de France 2005.

Penampilan pertama Armstrong memang kurang meyakinkan

BACA JUGA: Buffon Siap Hengkang, asal Ada Tawaran yang Menarik

Dia finis di peringkat ke-71 pada etape terakhir kemarin (25/1) WIBDia juga masih jauh dari urutan teratas klasemen akhir keseluruhanDia hanya menempati posisi ke-29 di antara 133 peserta.

"Saya tak akan mengatakan even ini memberikan saya kepercayaan diri yang besarTapi, setidaknya itu memberikan keyakinan bahwa saya masih bisa berlombaSaya pikir, masih bisa berlomba untuk level teratas," ungkap Armstrong.

Belum terlihat dominasi yang pernah ditunjukkan oleh Armstrong di masa jayanyaDia masih kewalahan ketika harus beradu head to head dengan pembalap lainBahkan, dia seperti pembalap pemula ketika mencoba untuk menekan dan memasuki rombongan di depannya.

"Sangat membantu jika kamu memiliki kaki yang bagusSaya merasa lebih baik dari hari ke hariHari terakhir, saya merasakan penampilan terbaik sepanjang satu pekan,'' terang Armstrong kepada Reuters.

Kemunculan Armstrong terbukti mampu menarik perhatian tur tersebutPanitia memperkirakan, 144 ribu pemirsa menyaksikan etape terakhir sajaMedia yang sudah menjalin hubungan baik dengan Armstrong pun tak ketinggalan menyaksikan dan melaporkan even tersebut.

"Pria ini (Armstrong, Red) memiliki sesuatu yang spesialSaya sangat terkesan, dia seorang juara yang lengkapKami mendapatkan sesuatu yang spesial dalam penyelenggaraan tahun ini," ujar Mike Turtur, race director Tour Down Under.

Selain ikut berlomba, Armstrong menyempatkan mengunjungi beberapa rumah sakit di AdelaideDi sana dia memberikan motivasi kepada para pengidap kanker.

Kegiatan sosial itu memang menjadi salah satu pendorong utama Armstrong untuk comebackSebagai orang yang pernah mengidap kanker testis, dia merasa memiliki tanggung jawab untuk menyebarluaskan semangat perlawanan terhadap penyakit mematikan itu ke segenap penjuru dunia.

Pada Agustus 2008, Armstrong mengumumkan kembali dari masa pensiunnyaSebulan kemudian, dia memberikan pengumuman bahwa dirinya bergabung bersama tim Astana, tim yang berpengalaman juara di even besarDi situ, dia satu dengan juara Tour de France 2007 Alberto Contrador (Spanyol).

Contrador sempat bersungut-sungut dengan keputusan Astana yang mengikat ArmstrongContrador beranggapan, kedatangan Armstrong mengancam posisinya sebagai pembalap utamaNamun, General Manager Astana Johan Bruyneel yang juga mantan pembalap mampu mendinginkan situasi tersebut.(ady/ang)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Beckham Cetak Gol Perdana untuk Milan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler